Breaking News:

Berita Lembata

246 Hektar Lahan Terbakar di Lereng Lewotolok, Helikopter BNPB Berhasil Padamkan Titik Api Terakhir

diperkirakan mencapai 246 Hektar dengan 20 titik kebakaran di sekitar lereng Gunung Ile Lewotolok, berdasarkan citra satelit Ditjen PPI

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Rosalina Woso
PPGA Ile Lewotolok
Helikopter water bombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berhasil memadamkan kebakaran di lereng gunung akibat lontaran lava pijar erupsi Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata. 

246 Hektar Lahan Terbakar di Lereng Ile Lewotolok, Helikopter BNPB Berhasil Padamkan Titik Api Terakhir

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA-Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday menyebutkan total luas lahan dan hutan yang terbakar di lereng Ile Lewotolok yakni seluas 246 hektar.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi akibat erupsi gunung berstatus siaga itu pada hari Rabu yang lalu.

Wabup Thomas Ola menyebutkan kebakaran hutan masih masuk dalam kawasan radius 3 kilometer dari puncak gunung. Jadi tidak termasuk wilayah kebun milik warga.

Helikopter water bombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berhasil memadamkan kebakaran di lereng gunung akibat lontaran lava pijar erupsi Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata.

Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 246 Hektar dengan 20 titik kebakaran di sekitar lereng Gunung Ile Lewotolok, berdasarkan citra satelit Ditjen PPI dan Karhutla Denpasar.

Baca juga: Wabup Langoday Minta Kontraktor Perhatikan Kualitas Jalan yang Dikerjakan di Lembata

Di bawah pimpinan Kapten Alexander dan tiga orang kru yakni Stansilaw, Rafa dan Fauzi, helikopter ini berhasil melakukan pemadaman di dua titik tersisa yakni di Desa Jontona dan Todanara sejak Pukul 09.00-12.00 Wita.

Hal ini dikatakan Plt Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, usai mengadakan rapat terbatas bersama OPD dan para kepala desa se-kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur di Rujab Bupati Lembata, Lewoleba, Selasa, 3 Agustus 2021 siang.

“Empat orang ini telah terbang ke puncak Ile Lewotolok dan melakukan upaya pemadaman pada dua titik yaitu di Desa Jontona dan Desa Todanara. Tadi jam 12 mereka sudah melakukan misinya dengan baik,” kata Thomas Ola.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved