Breaking News:

Public Service Pos Kupang

Pemerintah Tolong Perbaiki Jalan Provinsi yang Rusak

Sejumlah jalan provinsi di Kabupaten Malaka hingga saat ini belum diperbaiki seperti ruas jalan dari Belu hingga Betun

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
RUSAK-Kondisi jalan provinsi Halilulik-Welaus, tepatnya di Teun, Kabupaten Belu rusak. Gambar diambil Sabtu (19/12/2020) 

POS-KUPANG.COM - Sejumlah jalan provinsi di Kabupaten Malaka hingga saat ini belum diperbaiki seperti ruas jalan dari Belu hingga Betun. Kondisi jalannya sangat memrihatinkan. Banyak titik yang sudah tidak ada lagi aspalnya.

Bahkan jalan provinsi tersebut sudah putus diterjang banjir. Sehingga kendaraan yang melintas terpaksa harus melintas dibekas aliran air. Kondisi seperti ini sudah berlangsung lama tetapi hingga saat ini belum juga diperbaiki.

Kami berharap pemerintah provinsi segera memperbaiki ruas jalan tersebut sehingga warga yang melintas akan nyaman. Selain itu juga agar titik-titik yang jalannya berlubang tidak bertambah lebar lagi rusaknya.
Terimakasih

John T
Warga Malaka

Tanggapan

Jalan Belu-Malaka Diperbaiki 2021

Semua jalan provinsi akan direalisasikan tahun 2021 ini dan saat ini Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas PUPR sedang mempersiapkan pelaksanaan perbaikan jalan provinsi yang melintas di Kabupaten Malaka dan Kabupaten Belu.

Baca juga: Jalan Provinsi di Talibura Rusak Berat

Sesuai arahan Gubernur NTT, perhatian pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas PUPR selaku dinas teknis lebih fokus dahulu pada perbaikan jalan lalu memperhatikan kebutuhan air.

Untuk di Malaka, pihaknya lebih fokus untuk perbaikan jalan dulu, setelah itu baru bergerak ke air. Pada tahun 2021 ini dinasnya mencoba perbaikan jalan provinsi NTT walaupun belum semuanya diaspal tetapi harus sudah sentuh di Malaka.

Jadi jalan dari Malaka menuju Kota Atambua-Belu itu baru menjadi tanggung jawab kami dan kami siap memperbaikinya tahun ini. sedangkan jalan-jalan diluar jalan provinsi, seperti jalan lokal, jalan kabupaten, atau jalan non status atau jalan khusus, kita tidak bisa memperbaiki itu.

Beberapa jalan di wilayah kabupaten yang sudah dikerjakan antara lain satu jalan kabupaten Bokong -Lelogama walaupun melewati banyak pertimbangan dan prosesnya agak panjang. Tetapi karena itu tupoksinya provinsi maka tugasnya mengeksekusi semua jalan provinsi.

Baca juga: Pemprov NTT Berharap Pinjaman Dana PEN untuk 78 Ruas Jalan Provinsi Segera Disetujui 

Jika dihitung dari 2019 masa transisi jadi tidak terlalu banyak yang dibuat waktu itu sehingga pihaknya baru mulai diakhir tahun 2019 dalam kondisi 906 Kilometer jalan provinsi yang dalam kondisi rusak yang harus diurus dan sisa dari 906 itu harus dieksekusi di tahun 2020/ 2021.

Pada tahun 2020 kami sudah eksekusi 300-an kilo lebih dan 2021 kami akan eksekusi total 500-an lebih. Sehingga total 906 itu terjawab termasuk Malaka.

Dari seluruh kabupaten itu hampir semua jalan provinsi kondisinya cukup berat tapi yang agak ringan itu Kabupaten Rote, TTU, dan Malaka serta Belu. (yon)

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Provinsi NTT
Ir. Maksi Nenabu, ST

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved