Breaking News:

Berita Sumba Timur

Suasana Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Al Anwar Manubara, Sumba Timur, Simak YUK

Beginilah suasana penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Anwar Manubara, Kelurahan Kamalaputi, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Selasa

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur memeriksa daging (post mortem) di Masjid Al Anwar Manubara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Selasa 20 Juli 2021. Pemeriksaan ini dilakukan sebelum daging kurban disalurkan. 

Suasana Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Al Anwar Manubara, Sumba Timur

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/WAINGAPU -- Beginilah suasana penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Anwar Manubara, Kelurahan Kamalaputi, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Selasa 20 Juli 2021.

Penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha ini dilakukan dengan pembatasan yang hadir. Petugas yang melakukan penyembelihan juga memakai masker dan memperhatikan jarak.

Sebelum penyembelihan, hewan kurban ini diperiksa terlebih dahulu oleh para dokter hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur. Begitu juga sebelum disalurkan, daging kurban diperiksa lebih dahulu.

Di Masjid Al Anwar Manubara, daging kurban ini diperiksa oleh drh. Ari dan Ella.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Ir. Yohanis Radamuri yang dikonfirmasi melalui Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh. Oktovianus Kale Rohi mengatakan, untuk pemeriksaan hewan kurban, pihaknya menempatkan petugas pada beberapa masjid.

"Untuk masjid di sekitar Kota Waingapu ini, kami siapkan dokter hewan dan petugas yang akan memeriksa hewan kurban. Ada juga petugas yang mobile pada lokasi masjid yang berdekatan," kata Oktovianus saat ditemui di depan Masjid  Al Muhajirin, Pakamburung.

Baca juga: Menko Airlangga Mohon Dukungan Ulama dan  Habaib Sukseskan Protokol Kesehatan, Simak Beritanya

Dijelaskan, semua hewan kurban tentu diperiksa sebelum disembelih maupun setelah sembelih atau sebelum disalurkan.

"Jadi sehari sebelum penyembelihan kami sudah datang untuk periksa. Pemeriksaan dilakukan dua kali, yakni ante mortem sebelum dipotong. Setelah itu ada pemeriksaan post mortem. Ini kita periksa sebelum disalurkan," kata Oktovianus.

Dikatakan, pemeriksaan yang dilakukan itu agar daging yang akan dikonsumsi masyarakat benar-benar daging yang sehat dan berkualitas.
"Apalagi kita di Sumba Timur ini masuk daerah endemi sehingga perlu ada pengawasan," katanya. *)

Berita Sumba Timur Lainnya

Petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur memeriksa daging (post mortem) di Masjid Al Anwar Manubara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Selasa 20 Juli 2021. Pemeriksaan ini dilakukan sebelum daging kurban  disalurkan.
Petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur memeriksa daging (post mortem) di Masjid Al Anwar Manubara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Selasa 20 Juli 2021. Pemeriksaan ini dilakukan sebelum daging kurban disalurkan. (POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved