Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Jumat 9 Juli 2021: Merpati & Ular

Ketika mengutus kedua belas murid, Yesus berpesan, "Jadilah bijak seperti ular dan tulus seperti merpati"

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RD. Fransiskus Aliandu 

Renungan Harian Katolik Jumat 9 Juli 2021: Merpati & Ular (Matius 10:16-23)

Oleh: RD. Fransiskus Aliandu

POS-KUPANG.COM - Ketika mengutus kedua belas murid, Yesus berpesan, "Jadilah bijak seperti ular dan tulus seperti merpati" (Mat 10:16).

Tak mudah untuk mengerti kombinasi "ular" dan "merpati". Kita tahu merpati itu burung peliharaan. Kita sering mendengar ungkapan "jinak-jinak merpati".

Tapi ular termasuk binatang liar dan licik. Hampir semua kita takut pada ular. Ia bisa mematuk dan racun atau bisanya sangat berbahaya.

Tapi St. Chrisostomus punya catatan reflektif menarik. "Ada saatnya ular akan mengganti kulitnya. Saat itu ia siap meninggalkan segala sesuatu, bahkan tubuhnya sendiri. Dengan begitu ia dapat terus hidup".

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 8 Juli 2021: Sosialitas

Maka, ular adalah simbol komitmen total; simbol dari orang-orang yang akan menanggung segala risiko demi tujuan yang paling mulia.

Dengan cara serupa, komitmen yang kita buat berarti meninggalkan segala sesuatu, kecuali iman kita. Dan kita harus siap menyerahkan kekayaan kita, atribut yang melekat pada diri kita, tubuh kita, bahkan hidup kita.

Tentu bukan dengan berlaku curang, licik, dengan kekerasan atau pun dengan tipuan, manipulasi, dan cinta diri. Kepentingan diri sendiri dan keamanan pribadi tidak mendapat tempat di sini.

Tapi kebijaksanaan tak berguna tanpa ketulusan. Kebijaksanaan dan ketulusan hati adalah pasangan, kombinasi yang serasi.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 8 Juli 2021: Pergi dan Diutus

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved