Tips sehat

Cegah Kanker,Ini 15 Manfaat Tak Diduga Jambu Biji untuk Kesehatan & Kecantikan,Dari Buah sampai Daun

Cegah Kanker, ini 15 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan, dari buah sampai daun

Editor: Adiana Ahmad
Tribun Manado
Cegah Kanker,Ini 15 Manfaat Tak Diduga Jambu Biji untuk Kesehatan & Kecantikan,Dari Buah sampai Daun 

Cegah Kanker,Ini 15 Manfaat Tak Diduga Jambu Biji untuk Kesehatan & Kecantikan,Dari Buah sampai Daun
 
POS-KUPANG.COM- Jambu biji tidak asing bagi masyarakat Indonesia.

Tanaman pekarangan rumah ini, tak hanya rasa buahnya yang manis tapi khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.

Cara mendapatkan khasit Jambu Biji bisa dimakan langsung atau dibuat dalam bentuk jus.

Salah satu khasiat Jambu Biji terutama yang berbiji merah yakni ampuh untuk mengobati demam berdarah.

Baca juga: Manfaat Jambu Biji, Khasiat Jambu Biji Bisa Mencegah Kolesterol Hingga Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengatasi penyakit Demam Berdarah, Ini 15 manfaat tak diduga Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan. Manfaat Jambu Biji dapat diperoleh dari buah hingga daun.

Dilansir dari Food Insight, likopen merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Adapun radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis, seperti kanker atau penyakit kardiovaskular.

Berbagai manfaat buah jambu biji untuk kesehatan
Dikutip dari hellosehat, ini 15 khasiat buah jambu biji, baik yang berwarna merah maupun putih:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda
Jambu biji adalah salah satu buah dengan kandungan tinggi vitamin C, bahkan kadarnya empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Adapun vitamin C merupakan salah satu senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Senyawa ini bekerja dengan memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh serta melawan radikal bebas.

Baca juga: Satu Keluarga Dengan Jambu Air, Bagaimana Manfaat Buah Jamblang Untuk Diabetes Ngompol Batuk Diare?

3 Kandungan Jambu Biji yang Ampuh Menjaga Imun Tubuh

Anda perlu selalu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun bekerja dengan melindungi Anda dari kuman penyebab penyakit. Sistem imun dipengaruhi oleh gaya hidup yang Anda jalani dan salah satunya adalah pola makan seimbang. Pola makan seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, serta buah dan sayur sebagai sumber nutrisi. […]

2. Meredakan flu dan batuk
Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam jambu biji juga bagus untuk meredakan batuk dan flu. Kandungan ini bersifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu memecah lendir serta menghilangkan kuman yang bersarang pada tenggorokan dan sistem pernapasan. Namun, tidak hanya dari buah, manfaat ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi teh dari daun jambu biji.

3. Menjaga kesehatan jantung
Mengonsumsi buah jambu biji secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Kandungan antioksidan dalam jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya dapat membantu mengontrol tekanan darah, dan serat bisa menurunkan kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

Baca juga: Tak Hanya Atasi Demam Berdarah,Ini 15 Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan, Nomor 4 Tak Disangka

4. Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan serat dalam jambu biji juga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Satu buah jambu biji bisa mengandung 12 persen serat dari rekomendasi harian Anda. Dengan demikian, mengonsumsi buah jambu biji dapat membantu mencegah sembelit, mengurangi durasi diare, dan untuk menjaga kesehatan usus Anda secara keseluruhan.

5. Membantu mencegah kanker
Jambu biji adalah tumbuhan yang dimanfaatkan untuk membantu mengobati penyakit kanker. Pasalnya, berbagai penelitian menemukan, seluruh bagian tumbuhan jambu biji, baik dari ekstrak buah, biji, maupun daun, memiliki khasiat untuk melawan sel kanker, termasuk kanker prostat, kanker usus besar, leukemia, dan melanoma. Ini karena kandungan vitamin C, likopen, dan quercetin di dalamnya bersifat antioksidan dan antikanker.

6. Menurunkan kadar gula darah

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved