Breaking News:

Renugan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Sabtu 3 Juli 2021, Pesta Santo Tomas Rasul: Ragu untuk Percaya

Hari ini Gereja merayakan pesta Santo Tomas Rasul. Nama Tomas berasal dari Bahasa Aram “te’oma,” yang artinya “anak kembar.” Ia lahir di Galilea.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
Pater Steph Tupeng Witin SVD 

Renungan Harian Katolik Sabtu 3 Juli 2021, Pesta Santo Tomas Rasul: Ragu untuk Percaya (Yoh 20:24-29)

Oleh: Pater Steph Tupeng Witin SVD

POS-KUPANG.COM - Hari ini Gereja merayakan pesta Santo Tomas Rasul. Nama Tomas berasal dari Bahasa Aram “te’oma,” yang artinya “anak kembar.” Ia lahir di Galilea.

Menurut narasi tradisi, Tomas menjadi martir di India dan relikui tubuhnya diserahkan raja India untuk selanjutnya dimakamkan di Edessa, Mesopotamia. Ziarah hidup imannya mengalir antara Galilea dan India dan berakhir di Edessa dengan tenang.

Ruang antara Galilea dan Edessa adalah pergulatan iman Tomas antara kebimbangan, keraguan atau ketidakpercayaan dengan kepercayaan. Perjalanan hidup Tomas jauh dari publikasi.

Tomas hanya seorang murid biasa dan sederhana, tidak menonjol tapi penuh refleksi dan pergulatan iman.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 3 Juli 2021, Pesta St. Thomas, Rasul: Kebimbangan

Halaman kitab Injil Sinoptik (Matius, Markus dan Lukas) diseraki narasi sangat banyak tentang hidup dan kiprah murid-murid lain seperti Petrus, Yakobus, Yohanes, dan Yudas Iskariot.

Tomas ibarat seorang pemain figuran dalam sebuah film. Ia bukan bahkan terlampau jauh dari posisi sebagai pemain utama dalam sejarah hidup bersama Yesus.

Nama Tomas hanya muncul sebanyak tiga kali dalam Injil Yohanes dengan memakai terjemahan Yunani  yaitu “Didimus” (Yohanes 11:16; 20:24; 21:2).

Hingga detik ini, kita tidak pernah tahu atau diberi tahu oleh para ahli tentang sosok siapa kembarannya itu.  Namun tradisi Siria dan Mesir menyebut nama Yudas. Entahlah, ini pekerjaan para ahli kitab suci.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Jumat 2 Juli 2021: Panggilan Tuhan

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved