Breaking News:

Tingkatkan Keterampilan Usaha Digital, Kemenkominfo, FEB Undana & Unsoed Gelar Pelatihan TA DTS 2021

Tingkatkan Keterampilan Usaha Digital, Kemenkominfo, FEB Undana dan Unsoed Gelar Pelatihan TA DTS 2021

Editor: Gordy Donofan
Istimewa
PELATIHAN - Pelatihan Thematic Academy DTS 2021 IT untuk Eks Pekerja Migran, kerja sama FEB Undana dan Unsoed di Hotel Swiss Berlin Kristal Kupang, Senin 21 Juni 2021. 

Tingkatkan Keterampilan Usaha Digital, Kemenkominfo, FEB Undana dan Unsoed Gelar Pelatihan TA DTS 2021

POS-KUPANG.COM - Dalam rangka meningkatkan keterampilan bagi para wirausaha, khususnya eks pekerja migran dalam mengembangkan usaha digital, maka Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Undana Kupang  dan Universitas Soedirman (Unsoed) melakukan pelatihan Thematic Academy (TA) Digital Talent Scholarship (DTS).

Kegatan ini berupa Pelatihan IT dan Praktik Digitalisasi Proses Bisnis untuk kelompok usaha eks pekerja migran Indonesia.

Pelatihan yang dimoderatori Ni Putu Nursiani, S.E., M.M tersebut dilaksanakan di Hotel Swiss Berlin Kristal Kupang sejak Senin, 21 Juni 2021 hingga Kamis, 24 Juni 2021.

Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kemenkominfo, Dr.Ir.Hedi M. Idris, M.Sc, ketika menyampaikan sambutan secara daring, menyebut, banyak eks pekerja migran yang telah kembali ke Indonesia dan menetap di desa.

Baca juga: Akhiri Masa Jabatan 2022, Rektor Undana Minta Fungsikan Kawasan Besipae

Eks pekerja migran tersebut, ungkap Hedi, telah memulai kegiatan berwirausaha. Namun,  motivasi dan attitude (sikap) mereka belum menunjukkan sebagai pelaku wirausaha (entrepreneur).

"Artinya mereka (eks pekerja migran) masih melakukan wirausaha secara konvensional. Bahkan tidak jarang mereka memutuskan untuk kembali meninggalkan desa mereka dan bermigrasi ke kota untuk mencari pekerjaan lain," imbuhnya.

Hedi menyebut, pelatihan TA yang digagas Kemenkominfo tersebut dilaksanakan untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh para eks pekerja migran

Sehingga materi utama dari pelatihan tersebut adalah tentang IT dan praktik digitalisasi proses bisnis.

Baca juga: Rektor Buka Rakor Perencanaan Program - Anggaran Undana di Besipae TTS

Dalam kegiatan ini, 90 peserta akan dibagi dalam tiga kluster dengan materi pelatihan yang berbeda, yaitu kluster satu, Digitalisasi Kelembagaan dan Manajemen Keuangan. Kluster dua, Pemasaran Digital. Kluster tiga, Pengembangan Inovasi Produk secara Digital.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved