Breaking News:

Komisi 1 DPRD NTT Siap Fasilitasi Pemekaran Desa Di TTS

Anggota Komisi 1 DPRD NTT, Stevanus Come Rihi, Jumat 11 Juni 2021 melakukan kunjungan kerja ke Komisi 1 DPRD TTS

POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Suasana pertemuan antara Anggota Komisi 1 DPRD Propinsi NTT, Stevanus Come Rihi bersama Komisi 1 DPRD kabupaten TTS dan Kepala Dinas PMD Kabupaten TTS, Nikson Nomleni di ruang kerja Komisi 1 DPRD Kabupaten TTS 

POS-KUPANG.COM | SOE - Anggota Komisi 1 DPRD NTT, Stevanus Come Rihi, Jumat 11 Juni 2021 melakukan kunjungan kerja ke Komisi 1 DPRD TTS. Selain bertemu dengan komisi 1, dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( Dinas PMD) Kabupaten TTS, Nikson Nomleni juga berkesempatan berdialog dengan Stevanus di ruang kerja komisi 1 DPRD TTS.

Dijelaskan Stevanus, dirinya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten TTS setelah mendapat informasi jika usulan pemekaran desa dari Kabupaten TTS belum masuk ke Dinas PMD Propinsi NTT.

Padahal menurut informasi yang ia dapat, ada puluhan desa di Kabupaten TTS yang sedang berproses untuk mekar namun usulannya belum sampai ke Propinsi.

Baca juga: Bupati Belu, Agus Taolin Prediksi Tiga Timnas Bisa Menjuarai Euro 2021, Apa Saja?

Baca juga: Bupati Malaka Beri Ruang Buat PKK dan Dekranasda Manfaatkan Space di Pasar Perbatasan Motamasin

" Usulan pemekaran dari kabupaten lain seperti Sika dan Sumba Timur sudah masuk ke Dinas PMD Propinsi NTT, tapi dari Kabupaten TTS belum masuk. Ini yang kita mau cari tahu ada kendala apa," ungkap Anggota DPRD Propinsi NTT dari Fraksi Gerindra ini.

Dikatakannya, pemekaran desa merupakan salah satu solusi dalam mempercepat pembangunan di desa, mendekatkan pelayanan pemerintahan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat saat ini ada program dana desa.

Oleh sebab itu, Komisi 1 DPRD Propinsi NTT siap membantu dan memfasilitasi proses pemekaran desa di kabupaten TTS.

Baca juga: Partai Golkar-United Russia Party MoU Dorong Penguatan Investasi Secara Virtual di Jakarta

Baca juga: 967 Casis Bintara dan Tamtama Polri T.A 2021 Ikut Pemeriksaan Kesehatan Tahap II

" Senin kita ada rapat dengan Dinas PMD Propinsi NTT terkait pemekaran desa. Saya berharap dari komisi 1 DPRD kabupaten TTS dan Dinas PMD Kabupaten TTS bisa hadir sekaligus menyampaikan usulan pemekarannya. Nanti kami dari komisi 1 yang akan kawal hingga tuntas," ujarnya.

Uksam Selan, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten TTS mengucap terima kasih atas perhatian dan dukungan dari komisi 1 DPRD Propinsi NTT terkait proses pemekaran desa di Kabupaten TTS.

Dirinya memastikan, Senin mendatang komisi 1 bersama Dinas PMD Kabupaten TTS akan mengantarkan langsung usulan pemekaran desa di Kabupaten TTS ke Kupang.

" Senin kita akan ke Kupang guna menyerang usulan pemekaran desa sekaligus bertemu komisi 1 DPRD Propinsi NTT," sebutnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten TTS, Nikson Nomleni mengatakan, hingga saat ini ada 25 Desa di Kabupaten TTS yang mengajukan usulan pemekaran desa.

Namun belum semua desa mengajukan proposal pemekaran desa sebagai salah satu syarat yang harus dilengkapi. Selain itu, ada tiga desa yang masih mengalami pro dan kontra terkait pemekaran desa.

Dirinya memastikan, Senin mendatang bersama komisi 1 DPRD Kabupaten TTS, pihaknya akan mengantarkan usulan pemekaran desa ke Komisi 1 dan Dinas PMD Propinsi NTT.

" Senin kita akan antarkan usulan kita ke Komisi 1 DPRD Propinsi NTT dan juga Dinas PMD," terangnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, kedatangan Anggota Komisi 1 DPRD Propinsi NTT, Stevanus Come Rihi diterima ketua komisi 1 DPRD kabupaten TTS, Uksam Selan, sekertaris Komisi, Lusi Tusalakh dan Anggota Komisi 1, Jorang Fahik. Kepala Dinas PMD Kabupaten TTS, Nikson Nomleni juga ikut menghadiri pertemuan tersebut karena topik yang dibahas adalah pemekaran desa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved