Breaking News:

Di Kota Kupang Kasus Covid-19 Menurun, Satu Kelurahan Diketahui Masih Zona Merah

Kasus Covid-19 di Kota Kupang terus menurun, dari 51 kelurahan dan 6 kecamatan, tersisa 1 kelurahan yang masih merah

POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kasus Covid-19 di Kota Kupang terus menurun, dari 51 kelurahan dan 6 kecamatan, tersisa 1 kelurahan yang masih merah yakni Kelurahan Manulai II, dimana jumlah kasus Covid-19 lebih dari 10.

Sementara untuk kelurahan lainnya, jumlah kasus rata-rata hanya satu sampai 9 kasus.

Sesuai dengan data terakhir per 5 Juni 2021, jumlah pasien Covid-19 yang masih dirawat baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri, sebanyak 97 kasus. Total kasus Covid-19 di kota Kupang sebanyak 6.971 kasus, sembuh 6.695.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Kupang, Retnowati mengatakan, terus menurunnya kasus Covid-19, terdapat beberapa faktor pendukung yakni Dinas Kesehatan kota Kupang terus melakukan peningkatan upaya tracing hingga 1000 sampel per minggu.

Baca juga: Langgar Kesepakatan, Tim Gabungan di Sikka Amankan 31 Sound Sistem

Baca juga: Empat Warga Bonleu Diperiksa Penyidik Terkait Laporan PDAM SoE

Selain itu, vaksinasi covid-19 juga menjadi salah satu faktor turunnya angka covid-19. Dimana tujuan dari vaksinasi sendiri yaitu untuk mencapai herd immunity.

"Misalnya kalau dalam jumlah 100 orang, 80 orang diantaranya sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 maka, maka 80 orang itu mampu untuk melindungi 20 orang yang belum menerima vaksinasi," katanya Senin 7 Juni 2021.

Dia menjelaskan, oleh karena itu masyarakat semua harus divaksin, agar bisa membentuk herd immunity. Memang untuk target capaian vaksinasi yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada kota Kupang, sampai dengan saat ini vaksinasi sudah mencapai 100 persen.

Menurutnya, dinkes kota Kupang juga mendapatkan anggaran dari refocusing penanganan covid 19 sebesar Rp 15 Miliar.

Baca juga: Perahu Terbalik di Perairan Mananga Marapu Sumba Timur, 1 Orang Belum Ditemukan, Begini Kronologinya

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Senin 7 Juni 2021: Berbagi

"Dimana Rp 5 Miliar itu didapat dari refocusing yang dilakukan dari Dinas Kesehatan Kota Kupang sendiri, dan tambahannya didapatkan dari OPD-OPD lain. Ini merupakan rencana kegiatan persamaan untuk penanganan covid 19 di kota Kupang agar masyarakat tetap aman dan sehat," ungkapnya.

Dia mengatakan, anggaran yang diberikan tersebut juga diperuntukkan bagi insentif tenaga vaksinator, sementara untuk insentif bagi tenaga kesehatan yang merawat pasien di rumah sakit mendapatkan insentif dari dana BOK non fisik sudah tercover.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved