Breaking News:

Asa Bupati Djafar Achmad, Ende Pusat Perayaan Hari Lahir Pancasila

pembersihan patung Bung Karno, Bupati Djafar tatap Patung Bung Karno yang duduk menghadap ke arah pelabuhan Soekarno

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Bupati Ende Djafar Achmad saat pertemuan dengan awak media di ruang kerjanya, Senin 10 Mei 2021 

Asa Bupati Djafar Achmad, Ende Pusat Perayaan Hari Lahir Pancasila

POS-KUPANG.COM | ENDE -- Bupati Kabupaten Ende Djafar Achmad, memeram asa ingin perayaaan hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni berlangsung di Ende. 

Bukan tanpa alasan, Bung Karno atau Sang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia pernah mengukir jejak di Ende. Bahkan di Ende lah Bung Karno merenung dan menemukan ilham Pancasila. 

Pelabuhan Ende, Taman Renungan Bung Karno, Rumah Pengasingan Bung Karno, Gereja Katedral, Gedung Imakulata, Pos Militer dan Makam Ibu Amsi merupakan saksi bisu jejak Bung Karno di Ende. 

Baca juga: 20 Ucapan Hari Pancasila 2021 Cocok Dikirim Buat Keluarga & Teman Kantor Via WA,IG dan Facebook

Bupati sudah membangun Komunikasi dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat perihal Ende jadi pusat perayaan hari lahir Pancasila. Orang nomor satu di Kabupaten Ende kini juga tengah menjajaki dialog dengan sejumlah gubernur di Pulau Jawa

Kuras air bak di Taman Bung Karno Ende
Kuras air bak di Taman Bung Karno Ende (Pos Kupang/Romualdus Pius)

Bupati Djafar mengaku, kemarin, Sabtu 29 Mei 2021 sore ia duduk di Taman Renungan Bung Karno sambil menyaksikan rangkaian pembersihan patung Bung Karno, Bupati Djafar tatap Patung Bung Karno yang duduk menghadap ke arah pelabuhan Soekarno. 

Bupati Djafar mengatakan dirinya takut Bung Karno marah jika jejaknya di Ende tidak terawat dengab baik. Namun, bagi Bupati Djafar nilai sejarah Bangsa Indonesia tidak akan pernah pudar. 

Baca juga: Bebatuan Dalam Kawah Kelimutu Kabupaten Ende Mulai Terlihat, Air Menyusut dan Keruh

Lantas apa saja langkah - langkah untuk meraih asa tersebut? 

"Kota Ende ini kota lahirnya Pancasila. Saya sudah lapor pak gubernur dan minta ke pemerintah pusat agar peringatan hari lahir Pancasila sebagai dasar negara dapat dilakukan di Ende. Selain itu parade kebangsaannya,” kata Bupati di Taman Renungan Bung kepada awak media, Minggu 30 Mei 2021. 

Baca juga: Belum Selesai Ditata Taman Bung Karno Ende Keburu Jadi Tempat Mesum

Menurutnya, tahun ini parade kebangsaan jejak Soekarno di Ende tetap dilaksanakan, namun dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved