Breaking News:

Pemkab Belu Siap Dukung Program Bunda PAUD

Pemerintah Kabupaten Belu siap mendukung program dan kegiatan yang direncanakan dan yang akan dilaksanakan oleh Bunda PAUD

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Pj. Sekda Belu, Frans Manafe, S.Pi saat memberikan sambutan usai Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Belu dan tujuh Bunda PAUD lainnya secara virtual oleh Bunda PAUD Provinsi NTT, Sabtu 29 Mei 2021. 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA----Pemerintah Kabupaten Belu siap mendukung seluruh program dan kegiatan yang direncanakan dan yang akan dilaksanakan oleh Bunda PAUD Kabupaten Belu bersama jajarannya.

Hal ini disampaikan Pj. Sekda Belu, Frans Manafe, S.Pi saat memberikan sambutan usai Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Belu dan tujuh Bunda PAUD lainnya secara virtual oleh Bunda PAUD Provinsi NTT, Sabtu 29 Mei 2021.

Menurut Frans Manafe, ada tantangan bagi Bunda PAUD dan seluruh pengurus PAUD Kabupaten Belu saat ini yakni masih banyak PAUD belum terakreditasi.

"Kita sudah bersama menyaksikan pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Belu oleh Bunda PAUD Provinsi NTT dan hari ini menjadi titik awal tantangan untuk Bunda PAUD dan seluruh pengurus PAUD Kabupaten Belu karena sesuai dengan penyampaian Bunda PAUD Provinsi bahwa masih banyak PAUD yang belum terakreditasi," ujar Pj. Sekda Belu.

Baca juga: Kacab PT Jasa Raharja NTT Kunker ke Kabupaten Alor

Baca juga: Satkar Ulama Indonesia Nilai Airlangga Layak Jadi Capres 2024

Pj. Sekda Belu mengajak semua elemen terkait untuk bersinergi dalam memajukan lembaga PAUD di Kabupaten Belu dan pemerintah siap mendukung.

"Pemerintah siap membantu Bunda PAUD beserta seluruh pengurusnya agar segera melakukan pembenahan pada kepengurusan," tandasnya.

Diutarakan Pj. Sekda Belu, PAUD merupakan awal dari seorang anak manusia dididik dan bermain sambil belajar. Mereka akan dilatih untuk berdisiplin, jujur dan lain-lain. Mereka juga akan dikenalkan untuk bagaimana bersosialisasi, dan saling mengenal.

"Untuk itu, tantangan ini akan pemerintah tunggu, apa upaya yang akan dilakukan oleh Bunda PAUD dan jajarannya melalui Dinas Pendidikan dan dinas-dinas teknis terkait lainnya", kata Pj. Sekda.

Baca juga: Hasil Tinju Dunia Minggu 30 Mei 2021, Nonito Donaire vs Nordine Oubaali, Nonito Donaire Menang KO

Baca juga: HP Galaxy A32 5G Ponsel 5G Samsung Termurah Saat Ini, Lihat Spesifikasi Lengkapnya

Frans Manafe menyampaikan, ada satu persoalan yang paling mendasar yaitu pengurus atau guru-guru PAUD belum akreditasi serta masih ada desa/kelurahan yang belum memiliki lembaga PAUD.

"Cita-cita Bupati dan Wakil Bupati adalah setiap dusun ada 1 PAUD. Kedepan dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati dengan tagline Membangun Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif artinya Sumber Daya Manusia menjadi lini utama yang harus kita perjuangkan", Frans Manafe.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Belu, jumlah lembaga PAUD di Kabupaten Belu sampai dengan tahun 2021 sebanyak 219 PAUD yang terdiri dari 215 PAUD dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu dan empat Lembaga PAUD di bawah naungan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Belu.

Kata Yanuarika, sejak tahun 2015 sampai 2020, dari total 219 lembaga PAUD yang sudah terakreditasi sebanyak 53 PAUD atau 24,2 % dan yang belum diakreditasi sebanyak 166 PAUD atau 75,8 %. Melihat persentasi ini, jumlah PAUD yang terakreditasi di Kabupaten Belu masih belum mencapai 50 %.

Tahun ini Kabupaten Belu mendapat Kuota Akreditasi 40 Lembaga PAUD. Apabila terpenuhi maka jumlah ini pun belum mencapai setengah PAUD terakreditasi dari total jumlah PAUD yang ada di Kabupaten Belu.

Adapun penyebaran layanan PAUD yang berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu yakni, Kecamatan Kota Atambua 15 PAUD, Atambua Selatan 16 PAUD, Atambua Barat 14 PAUD, Kakuluk Mesak 21 PAUD, Tasifeto Timur 34 PAUD, Lasiolat 9 PAUD, Raihat 13 PAUD, Lamaknen 17 PAUD, Lamaknen Selatan 21 PAUD, Tasifeto Barat 27 PAUD, Nanaet Duabesi 8 PAUD dan Raimanuk 20 PAUD. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved