Breaking News:

Opini Pos Kupang

Memaknai Semangat Kebangkitan Nasional di Masa Pandemi

Kebangkitan nasional adalah masa dimana lahirnya semangat Persatuan, kesatuan dan Nasionalisme

Memaknai Semangat Kebangkitan Nasional di Masa Pandemi
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh : Eduardus Johanes Sahagun' Calon Widyaiswara Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi NTT

POS-KUPANG.COM - Kebangkitan nasional adalah masa dimana lahirnya semangat Persatuan, kesatuan dan Nasionalisme untuk menuju dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Semangat Nasionalisme ini lahir atas respon terhadap kolonialisme dan imperialisme Belanda yang berlangsung selama tiga setengah abad.

Pada masa itu muncullah kelompok masyarakat Indonesia yang menginginkan adanya perubahan karena penindasan dan penjajahan yang teramat lama. Ini terjadi akibat penjajahan dari Belanda yang memonopoli seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia, sehingga membuat kepedihan dan rasa sakit yang amat besar bagi rakyat Indonesia.

Perlawanan kepada penjajah telah dimulai sejak awal kedatangan Belanda yaitu fase yang kita kenal dengan masa ratu adil. Pada fase ini perjuangan rakyat dilakukan dengan berperang secara frontal dipimpim seorang panglima perang, maka dari perlawanan ini muncul sejumlah perlawanan di berbagai wilayah, seperti Perang Aceh, Perang Diponogoro di daerah Banten, Perang Paderi di Sumatera Barat dan lainnya.

Baca juga: Pegawai di Kecamatan LAUT Berbagi THR Dengan ODGJ

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Jumat 21 Mei 2021: Pemberian Diri Seutuhnya!

Usaha untuk melawan penjajah melalui jalur ini tidak memberikan efek yang signifikan karena perjuangan hanya terbatas pada daerah-daerah tertentu saja, ditambah lagi dengan fakta bahwa pihak Belanda memiliki senjata yang jauh lebih baik dibandingkan yang dimiliki rakyat Indonesia yang hanya menggunakan alat perang tradisional seadanya.

Selain itu, sumber daya manusia kita yang tidak memiliki ketrampilan perang dibandingkan pasukan Balanda.

Namun pada akhir abad 19 dan awal abad 20 perjuangan bangsa Indonesia memasuki babak baru. Perjuangkan kemerdekaan telah bergerak dengan kehadiran berbagai organisasi yang diizinkan Belanda.

Hal itu menjadi kesempatan yang sangat besar dan tidak disia-siakan masyarakat Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan dan penindasan yang dialaminya.

Baca juga: Anggota Kodim 1618/TTU Monitor Pelaksanaan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten TTU

Baca juga: MA Keluarkan Putusan, 4 Tersangka Korupsi di Kupang Kembali Dijebloskan ke Lapas Penfui

Organisasi-organisasi yang berperan dalam masa kebangkitan Nasional antara lain Budi Utomo, Taman Siswa, Serikat Dagang Islam, Serikat Islam, Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan lainnya.

Semangat kebangkitan nasional Indonesia yang ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo 20 Mei 1908 merupakan tonggak perjuangan para pendahulu bangsa untuk melepaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan.

Halaman
1234
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved