Breaking News:

Wabup Belu Ingatkan ASN Layani Masyarakat Dengan Baik

Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM mengingatkan Aparatur Sipil Negara ( ASN) lingkup Pemkab Belu agar bekerja dengan baik

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM saat membuka kegiagan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik-Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR) bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, Rabu (19/5/2021). 

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA  - Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM mengingatkan Aparatur Sipil Negara ( ASN) lingkup Pemkab Belu agar bekerja dengan baik dan bertanggungjawab serta melayani masyarakat sepenuh hati.

Dengan adanya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik-Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR), maka akan memudahkan masyarakat untuk menyampaikan semua aspirasi dan pengaduan dengan mudah dan cepat melalui website.

Masyarakat juga bisa mengukur dan menilai kinerja pemerintah manakala masyarakat menemukan permasalahan dalam pelayanan publik.

Wabup Aloysius Haleserens mengatakan hal itu saat membuka kegiagan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik-Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR) bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Promo Tambah Daya PLN untuk Ramadan dan Idul Fitri Berlaku hingga 31 Mei 2021

Baca juga: Kabar Gembira ! 9 Pelajar Seminari BSB Maumere Sembuh

Didampingi Plt. Kabag Organisasi,  Benediktus Ngalu, Wabup Alo Haleserens mengatakan, tujuan SP4N-LAPOR adalah penyelenggara mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat dan tuntas.

Ditemui usai kegiatan, Wabup Alo Haleserens menegaskan, Bupati dan Wakil Bupati akan memantau terus pelayanan publik di Kabupaten Belu guna memastikan pelayanan yang diberikan itu sesuai standar atau tidak. Hal ini sejalan dengan program kepemimpinan mereka dalam hal penyelenggaraan pemerintah yang cepat, tepat, akuntabel dan transparansi.

Dalam materi kegiatan disampaikan, lembaga pengelola SP4N-LAPOR adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai pembina pelayanan publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai pengawas pelayanan publik nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai pengawas pelayanan publik.

Baca juga: Mobil Bekas Wuling Confero Pada Mei 2021 Termurah Rp 95 Juta, Daftar Harga Sesuai Varian-Spesifikasi

Baca juga: Lulusan SMA/SMK Ingin Dapat Beasiswa BCA? Ini Syarat dan Cara Daftar

Tujuan SP4N -LAPOR adalah penyelenggara mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat dan tuntas. Penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Alur proses SP4N-LAPOR adalah masyarakat menyampaikan aspirasi atau masukan, pengaduan dan permintaan informasi melalui kanal SP4N-LAPOR di website, aplikasi android, SMS dan aplikasi lainnya. Lalu, admin nasional akan melakukan verifikasi dan disposisi, monitoring dan evaluasi pengelolaan instansi.

Selanjutnya, admin intansi melakukan verifikasi dan diaposisi, monitoring dan evaluasi pengelolaan unit/OPD.  Pejabat penghubung di unit/OPD melakukan tindaklanjut atau menjawab laporan yang diterima. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Berita Kabupaten Belu

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved