Breaking News:

Ramadan 2021

Mutiara Ramadan: Ramadan Sebagai Sarana Pembentukan Manusia yang Berakhlakul Karimah

Mutiara Ramadan: Ramadan Sebagai Sarana Pembentukan Manusia yang Berakhlakul Karimah

Editor: Kanis Jehola
Mutiara Ramadan: Ramadan Sebagai Sarana Pembentukan Manusia yang Berakhlakul Karimah
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Mutiara Ramadan: Ramadan Sebagai Sarana Pembentukan Manusia yang Berakhlakul Karimah

Oleh: Syarifuddin Darajad, Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Kupang

POS-KUPANG.COM - Di momentum bulan Ramadan ini semua kaum muslimin berlomba-lomba (Berfastabiqul Khairat) untuk menjadi manusia terbaik.

Hal ini dapat kita lihat dari fenomena umat Islam dalam menjalankan puasa, Taddarus Al-Qur'an, sholat fardu dan sholat taraweh (Qiyamul Lain), menjaga lisan dari kata-kata kotor, serta berlomba-lomba dalam mengeluarkan Zakat, Infaq dan sadaqah, semata-mata niat karena Allah SWT.

Sedangkan pada sisi lain, untuk menjadi manusia terbaik, maka di bulan Ramadan ini sebagian besar umat Islam berlomba-lomba melakukan kajian keilmuan, khususnya dibidang keagamaan baik secara sendiri-sendiri maupun secara berkelompok.

Kajian ini dilakukan melalui wadah majelis-majelis taklim, masjid-masjid maupun instansi baik istansi pemerintah maupun instansi swasta.

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Selasa 11 Mei 2021: DIA JANJIKAN PENGHIBUR

Baca juga: Ini Permintaan Kapolres Manggarai Timur Saat Pantau Pos Penyekatan Mudik di Waelengga

Momen kajian ini dilakukan demi memperkuat keyakinan dalam beribadah baik yang bersifat bersifat ibadah Magdoh maupun ibadah Ghairu Magdoh dalam bentuk muamalah.

Hal yang dilakukan oleh kaum muslimin di atas adalah untuk menjadikan mereka manusia terbaik disisi Allah dengan mengikuti suri tauladan Rasulullah Muhammad SAW. Firman Allah dalam Al-Qur'an menegaskan bahwa: "Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah (QS. AlAhzab:21).

Rasulullah SAW Juga menjelaskan dalam Hadistnya bahwa: "Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat tempat tinggalnya denganku pada hari kiamat adalah yang paling mulia akhlaknya" (HR. Tirmidzi, shahih).

Baca juga: Jalan Taebenu di Oebufu Kota Kupang Rusak Berat

Baca juga: Covid-19 dan Pengendalian Diri

Pada sisi lain dalam sebuah Hadits dari At-Tirmidzi menjelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya oleh para sahabat tentang manusia terbaik yaitu:, "Siapa manusia terbaik?" Beliau menjawab, "Orang yang panjang usianya dan baik amalnya." Beliau kembali ditanya, "Lalu siapa manusia terburuk?" Jawab Rasul, "Orang yang panjang usianya tetapi jelek amalnya." (HR At-Tirmidzi).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved