Breaking News:

Opini Pos Kupang

Pembelajaran di Masa Pandemi VS Keterampilan Abad 21

Pada tanggal 26 April 2021 terbit Surat Edaran dan Pedoman Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Editor: Kanis Jehola
Pembelajaran di Masa Pandemi VS Keterampilan Abad 21
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh: Alfons Bunga Naen dan Theresia Wariani, Dosen pada FKIP Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

POS-KUPANG.COM - Pada tanggal 26 April 2021 terbit Surat Edaran dan Pedoman Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Dalam surat yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, diberikan beberapa panduan untuk perayaan memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 di tengah masa pandemi covid-19.

Hal-hal yang diatur antara lain tentang upacara bendera, tema dan logo peringatan, serta ragam aktivitas perayaan di hari istimewa tersebut.

Upacara bendera hendaknya dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar. Ragam aktivitas yang dilakukan hendaknya sekreatif mungkin.

Baca juga: Peternak di Kecamatan Lembor Harap Pemda Manggarai Barat Bantu Bibit Babi

Baca juga: Cek Hasil MotoGP Jerez Spanyol 2021, Jack Miller Ducati Juara! Simak Poin MotoGP Terbaru

Kegiatan yang dilakukan hendaknya membangkitkan semangat belajar di era darurat Covid-19. Aktivitas yang dilakukan sedapat mungkin mendorong pelibatan dan partisipasi publik.

Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) setiap tahun diperingati tanggal 2 Mei. HARDIKNAS ditetapkan pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara.

Beliau adalah tokoh Pelopor Pendidikan di Indonesia. Beliau adalah pendiri Lembaga Pendidikan Taman Siswa. Ki Hadjar Dewantara lahir di Pakualaman 2 Mei 1889.

Dari Wikipedia, dapat diperoleh informasi lebih lanjut tentang tokoh pendidikan ini. Beliau terlahir sebagai R.M. Soewardi Soerjaningrat, dan sejak tahun 1922 menjadi Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar Dewantara adalah Menteri Pengajaran Indonesia yang pertama pada masa Presiden Soekarno.

Semboyan ciptaan beliau, Tut Wuri Handayani, menjadi slogan kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Beliau meninggal 26 April 1959 dan dikukuhkan sebagai pahlawan Nasional 28 November 1959.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved