Breaking News:

RUPS Tahunan 2021, XL Axiata Bagikan Dividen Rp339,4 Miliar

dividen untuk pemegang saham sebesar 50 persen dari keuntungan setelah penyesuaian, perubahan atas susunan

POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2021 pada Jumat 23 April 2021 

RUPS Tahunan 2021, XL Axiata Bagikan Dividen Rp339,4 Miliar

POS-KUPANG.COM | KUPANG-- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2021 pada Jumat 23 April 2021.

Rapat yang berlangsung secara daring tersebut memiliki enam mata acara, yang mana termasuk pembagian dividen untuk pemegang saham sebesar 50 persen dari keuntungan setelah penyesuaian, perubahan atas susunan Dewan Komisaris, serta penambahan bidang usaha Perseroan.

“Tahun ini Rapat menyetujui penggunaan 50 persen dari keuntungan setelah menyesuaian untuk dibagian sebagai dividen kepada para pemegang saham. Totalnya dividen ini kurang lebih sebesar Rp339,4 miliar yang atau setara denganRp31,7 per saham. Sisa dari keuntungan lainnya akan kami pergunakan sebagai Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp100 juta dan selebihnya dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan," ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam rilisnya yang diterima POS-KUPANG.COM.

Head Of Sales XL Axiata area Surabaya Madura, Hiasinta H. Paembonan (dua dari kiri) menyerahkan bantuan untuk korban bencana alam badai Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT)  melalui Posko TNI AL Peduli dan Berbagi di Surabaya 9/ April 2021.  Selain bantuan dalam bentuk barang yang masing-masing telah dikirimkan sejak pekan lalu, XL Axiata juga memberikan layanan bebas biaya untuk telepon dan SMS di area-area yang terdampak.
Head Of Sales XL Axiata area Surabaya Madura, Hiasinta H. Paembonan (dua dari kiri) menyerahkan bantuan untuk korban bencana alam badai Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Posko TNI AL Peduli dan Berbagi di Surabaya 9/ April 2021. Selain bantuan dalam bentuk barang yang masing-masing telah dikirimkan sejak pekan lalu, XL Axiata juga memberikan layanan bebas biaya untuk telepon dan SMS di area-area yang terdampak. (POS KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Pada mata acara pertama, Rapat menyetujui dan menerima Laporan Tahunan Direksi Perseroan mengenai kegiatan dan jalannya Perseroan. Rapat juga menyetujui pemberian pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada para anggota Direksi Perseroan atas tindakan pengurusan dan anggota Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengawasan yang telah dilakukannya dalam tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020, sepanjang tindakan-tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan dan tercatat pada Laporan Keuangan Perseroan dan bukan merupakan tindak pidana atau pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyapa salah satu peserta vaksin lansia dalam acara peresmian Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, Depok, Jawa Barat Kamis (25/3).
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyapa salah satu peserta vaksin lansia dalam acara peresmian Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, Depok, Jawa Barat Kamis 25 Maret 2021. (POS-KUPANG.COM / ISTIMEWA / )

Baca juga: Bencana Alam di NTT, XL Axiata Salurkan Bantuan dan Layanan Gratis

Pada mata acara kedua, Rapat menyetujui penetapan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020 dengan ketentuan sebagai berikut. Pertama, 50 persen dari keuntungan setelah penyesuaian yaitu sebesar Rp339.451.000.000 (tiga ratus tiga puluh sembilan miliar empat ratus lima puluh satu juta Rupiah) (dibulatkan)  akan didistribusikan ke pemegang saham sebagai dividen, dimana hal ini setara dengan Rp31,7 (tiga puluh satu koma tujuh Rupiah) per lembar saham.

Kedua, memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk menetapkan jadwal dan mengatur tata cara pembayaran dividen tunai dimaksud kepada para Pemegang Saham Perseroan yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham sesuai dengan peraturan yang berlaku

Baca juga: Warga Keluhkan Jaringan XL Axiata Yang Hilang Total di Malaka

Di dalam mata acara kedua, Rapat juga menyetujui Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp100.000.000 (seratus juta Rupiah), serta menyetujui sisa Rp32.047.000.000 (tiga puluh dua miliar empat puluh tujuh juta Rupiah) (dibulatkan) untuk dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

Terapkan Platform MCCM Kerjasama XL Axiata–Tokopedia Tingkatkan Layanan Kepada Pelanggan
Terapkan Platform MCCM Kerjasama XL Axiata–Tokopedia Tingkatkan Layanan Kepada Pelanggan (POS-KUPANG.COM / XL)

Pada mata acara ketiga, Rapat menunjuk Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis dan Rekan (anggota PricewaterhouseCoopers) sebagai eksternal auditor Perseroan dengan Akuntan Publik Bapak Andry D. Atmadja, S.E., Ak., CPA, untuk melakukan audit atas Laporan Keuangan Perseroan untuk  Tahun Buku  yang berakhir pada 31 Desember 2021 dan audit atas laporan keuangan lain yang dibutuhkan Perseroan.

Baca juga: XL Axiata Gandeng UI dan RSUI Gelar Sentra Vaksinasi Drive Thru Pertama

Rapat juga memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris dan/atau Direksi Perseroan untuk melakukan tindakan dan segala pengurusan, termasuk namun tidak terbatas pada menetapkan besaran honorarium profesional, menandatangani dokumen-dokumen, dan atau menunjuk Kantor Akuntan Publik dan/atau Akuntan Publik lain yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan rekomendasi Komite Audit apabila karena satu dan lain hal Kantor Akuntan Publik dan/atau Akuntan Publik diatas tidak dapat melaksanakan tugasnya.

BTS XL Axiata Majalengka : Teknisi sedang bekerja di atas tower BTS (Base Transceiver Station) XL Axiata yang berlokasi di desa Bongas Kulon, KM 175 Ruas Tol Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.  XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2x untuk mengantisipasi kenaikan trafik data pada libur panjang Natal hingga pergantian tahun. Lokasi-lokasi tujuan wisata mendapatkan perhatian khusus untuk penguatan jaringan, demikian juga dengan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api. Area pemukiman juga tetap mendapatkan perhatian, di mana masyarakat kemungkinan tetap beraktivitas di rumah guna menghindari pandemi.
BTS XL Axiata Majalengka : Teknisi sedang bekerja di atas tower BTS (Base Transceiver Station) XL Axiata yang berlokasi di desa Bongas Kulon, KM 175 Ruas Tol Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2x untuk mengantisipasi kenaikan trafik data pada libur panjang Natal hingga pergantian tahun.  (ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM)
Halaman
12
Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved