Breaking News:

Terungkap,Tujuan Utama Latihan Militer China di Selatan Taiwan Bukan Siap Serbu Taiwan,Tapi Incar AS

Militer China yang dikenal dengan Tentaa Pembebasan Rakyat China (PLA) terus menggelar latihan militer di Laut China Selatan dan paling intesif di lak

Editor: Alfred Dama
via kontan.co.id
Kapal induk Liaoning milik Angkatan Laut China. 

POS KUPANG.COM -- Militer China yang dikenal dengan Tentaa Pembebasan Rakyat China (PLA) terus menggelar latihan militer di Laut China Selatan dan paling intesif di laksanakan di Selatan Taiawan

Selain untuk persiapan perang saat menyerbu Taiwan, terungkap juga latihan perang terseut untuk mengincar kapal-kapal perang Amerika Serikat yang sering berseliweran di Laut China Selatan hingga Selatn Taiwan

Latihan kapal induk China dan meningkatnya serangan ke zona pertahanan udara Taiwan dalam beberapa pekan terus bermaksud memberikan pesan ke Washington untuk mundur. Hal itu dikatakan sumber keamanan Taipei seperti dikutip Reuters , Jumat (16/4).

Peningkatan aktivitas militer China di dekat Taiwan ini menimbulkan kekhawatiran di Taipei maupun Washington.

Kendati pejabat kedua negara memahami bahwa latihan itu bukan tanda bahwa China akan segera menyerang.

Baca juga: China Cari Gara-gara dengan Indonesia Lagi, Kapal Bejing Tertangkap Radar TNI Masuk Wilayah NKRI

Baca juga: Manuver China Makin Menakutkan di Laut China Selatan, Tebar Ribuan Pasukan Rahasia di LCS

Baca juga: Bukan Amerika Tapi Australia yang Akan Berperang degan China, Pakar Ungkap Fakta Kehancuran 2 Negara

Namun seorang pejabat yang mengetahui perencanaan keamanan Taiwan mengatakan, dari beberapa latihan perang, militer China mempraktikkan manuver penolakan akses untuk mencegah masuknya pasukan asing ke pertahanan Taipei saat perang terjadi.

"China mengklaim bahwa latihan itu berada di dekat Taiwan, tetapi menilai dari lokasinya, itu sebenarnya dimaksudkan untuk militer AS," kata pejabat di Taiwan yang berbicara dengan syarat anonim.

Ketika China berlayar dengan kelompok kapal induk di dekat Taiwan pekan lalu, angkatan udaranya mensimulasikan serangan terhadap kapal-kapal Amerika Serikat (AS), meskipun tidak ada kapal Angkatan Laut AS yang diketahui berada di daerah itu pada saat itu, kata sumber itu.

Angkatan Laut AS telah melakukan transit reguler di Selat Taiwan, yang memisahkan pulau itu dari China.

Satu sumber keamanan Barat mengatakan penerbangan hampir setiap hari oleh pesawat anti-kapal selam China di bagian paling utara Laut China Selatan mungkin merupakan tanggapan terhadap misi AS di sana, termasuk dengan kapal selam, atau untuk menunjukkan kepada Pentagon bahwa China dapat memburu kapal selam AS.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved