Breaking News:

Tim Medis Dompet Dhuafa NTT Gelar Pos Medis dan Pembagian Hygine Kit di Lokasi Bencana

Hari kelima pasca bencana Siklon Tropis Seroja, Jumat (9/4/2021), tim medis layanan kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa NTT

Tim Medis Dompet Dhuafa NTT Gelar Pos Medis dan Pembagian Hygine Kit di Lokasi Bencana
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Tim medis layanan kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa NTT dibantu dengan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) membuka Pos Medis di Kelurahan Oesao, Kabupaten Kupang, Jumat (9/4). Pos Medis yang diberikan berupa pengobatan gratis secara mobile.

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pada hari kelima pasca bencana Siklon Tropis Seroja, Jumat (9/4/2021), tim medis layanan kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa NTT dibantu dengan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) membuka Pos Medis di Kelurahan Oesao, Kabupaten Kupang. Pos Medis yang diberikan berupa pengobatan gratis secara mobile.

Pasca badai, puluhan rumah warga dan fasilitas kesehatan seperti puskesmas terendam air. Alat kesehatan dan obat-obatan juga ikut tergenang, sehingga tidak bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan.

Di sela-sela aktivitas membersihkan rumah dari sisa-sisa banjir dan memperbaiki kerusakan rumah akibat angin kencang, masyarakat mendatangi lokasi pengobatan gratis di RT 36 RW 12 Kelurahan Oesao untuk memeriksakan diri dan mendapat obat. Beberapa pasien mengeluh mengalami gatal-gatal akibat terendam banjir.

Baca juga: Sinode GMIT Kirim Bantuan ke Kabupaten Sabu Raijua Pasca Badai Seroja di NTT

Baca juga: Ramadan Hampir Tiba, Aston Hotel Kupang Beri Promo PSBB

Dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, tim medis yang diturunkan di lapangan sebanyak 10 orang yang terdiri dari dua dokter umum, perawat, bidan, apoteker, tenaga penyuluh, dan tenaga pendukung. Pengobatan dibuka sejak pukul 15.00 hingga 18.00 Wita. Pos Medis itu melayani 104 jiwa yang terdiri dari 5 anak-anak dan 99 dewasa. Diagnosa penyakit terbanyak adalah penyakit kulit (Tinea), ISPA, dan Vertigo.

"Tak hanya pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, masyarakat juga dibagikan masker untuk tetap mencegah penularan Covid-19. Sebanyak 75 pcs masker dibagikan ke masyarakat yang mendatangi tempat pengobatan," kata Penanggungjawab Medis, Nona Mutiah.

Selain di Kabupaten Kupang, pengobatan gratis secara mobile juga dilakukan di Desa Kiritana dan Desa Mauliru di Kabupaten Sumba Timur. Tim medis menyusuri lokasi tersebut dan membuka layanan kesehatan sejak pukul 09.00 hingga 23.00 wita. Layanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan, perawatan luka, dan pengobatan gratis. Sebanyak 67 orang terlayani yang terdiri dari 15 anak dan 52 dewasa dengan diagnosa penyakit terbanyak ISPA, Dyspepsia, Cash Pain, dan Hipertensi.

Baca juga: Penjualan Menu Takjil di Bulan Puasa, Pemkot Masih Koordinasikan Bersama Forkompimda

Baca juga: Bupati Anton : 5 Korban Hilang Banjir di Pulau Adonara Akan Tetap Dicari

Selain layanan kesehatan, masyaraka di Desa Mau Hau diberikan 125 paket hygine kit yang berisi sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, sikat gigi, dan shampoo.

"Layanan Pos Medis mobile akan terus dilakukan di beberapa titik terdampak di wilayah Kabupaten kupang dan Kabupaten Sumba Timur," tandas Nona Mutiah.

Sebelumnya, untuk mengatasi percepatan perbaikan pusat layanan kesehatan masyarakat Oesao, DDV NTT juga membantu membersihkan Puskesmas Oesao pada hari Jumat dan Sabtu (9-10 April 2021). Jumlah DDV yang terlibat sebanyak 21 orang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Berita Kabupaten Kupang

Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved