Breaking News:

Jelang Ramadan, Loka POM Manggarai Barat Lakukan Intensifikasi Pengawasan Pangan

pangan akan semakin tinggi, sehingga Badan POM melalui Loka POM Manggarai Barat melakukan operasi sidak ke distributor

POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
Suasana intensifikasi pengawasan pangan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa 6 April 2021. 

Jelang Ramadan, Loka POM Manggarai Barat Lakukan Intensifikasi Pengawasan Pangan

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO -- Menjelang Ramadan di tahun 2021, Loka POM Manggarai Barat melakukan intensifikasi pengawasan pangan di Labuan Bajo.

Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin, STP, Selasa 6 April 2021 mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengawasi dan menertibkan produk-produk pangan yang tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat menjelang bulan puasa.

"Maka konsumsi masyarakat terkait pangan akan semakin tinggi, sehingga Badan POM melalui Loka POM Manggarai Barat melakukan operasi sidak ke distributor besar," katanya.

Operasi intensifikasi pengawasan pangan tersebut, lanjut Andirusmin Nuryadin, STP, melibatkan stakeholder terkait yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat,, Polres Manggarai Barat dan Sat Pol PP Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Kampung Tangguh Nusantara di Desa Siru Kabupaten Manggarai Barat Diresmikan 

"Operasi dilakukan di beberapa gudang distributor dengan temuan puluhan produk pangan yang tidak layak konsumsi seperti produk yang sudah rusak, kadaluarsa maupun kemasannya sudah penyok," ujarnya.

Lebih lanjut, atas temuan yang ada, tindakan yang dilakukan oleh petugas adalah melakukan sanksi administrasi berupa pembinaan dan pengamanan berupa penyegelan terhadap produk yang tidak layak konsumsi.

"Penyegelan dilakukan sebagai garansi agar produk yang ditemukan disarana yang telah rusak atau kadaluarsa tidak dioplos atau dicampur dengan produk yang masih bagus atau diedarkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk selanjutnya akan dilakukan pemusnahan oleh pemilik yang disaksikan oleh petugas," jelasnya.

Baca juga: Bagi ASN di Kabupaten Manggarai Barat, Edi Endi Wacanakan 3 Perbup

Operasi intensifikasi pengawasan pangan dijadwalkan akan dilakukan selama bulan Ramadan.

"Kegiatan intensifikasi pengawasan pangan ini akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan sampai ilhari raya idul Fitri," katanya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved