Masyarakat Desa Golo Bilas Sambut Baik Pelatihan Hidroponik yang Digelar BOPLBF

BOPLBF menggelar pelatihan bagi masyarakat Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar)

Penulis: Gecio Viana | Editor: Kanis Jehola
Dokumentasi Divisi Komunikasi Publik BPOLBF untuk POS-KUPANG.COM
Suasana pembukaan pelatihan bagi masyarakat Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar, Senin (29/3/2021). 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores ( BOPLBF) menggelar pelatihan bagi masyarakat Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo , Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Golo Bilas, Senin (29/3/2021).

Pada pembukaan acara pelatihan tersebut selain peserta, turut hadir Ketua DPRD Mabar, Martinus Mitar, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mabar Augustinus Rinus, Kepala Bidang PPSPP Dinas Pertanian Blasius Apen, Kepala Desa Golo Bilas, Paulus Nurung, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis BOP Wisnu Handoko dan narasumber pelatihan hidroponik Insan Indah Pribadi.

Kepala Desa Golo Bilas, Paulus Nurung mengatakan, masyarakat menyambut baik dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Menurutnya, kehadiran BOPLBF Desa Golo Bilas membawa perubahan signifikan bagi warga terutama anak muda didesanya. Dirinya menyampaikan terimakasih terhadap kehadiran BOPLBF atas kerja sama memberikan pelatihan di bidang hidroponik.

Baca juga: Update Covid-19 Manggarai Barat : Lagi, 1 Pasien Positif Covid Meninggal Dunia

Baca juga: Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi Akan Genjot Wisata MICE

"Kami sangat bangga kehadiran BOPLBF di desa kami. Akhirnya ini menjadi gebrakan baru dibidang pertanian. Kami ingin anak-anak muda  Desa Golo Bilas menjadi anak-anak yang berkompeten bagi kemajuan Desa, dan kemajuan Manggarai Barat," katanya dalam siaran pers yang diterima POS-KUPANG.COM, Jumat (2/4/2021).

Menurutnya, 95 persen peserta yang ikut pelatihan adalah anak muda desa lulusan Sarjana (S1). Sehingga, kesempatan tersebut merupakan kesempatan yang sangat istimewah bagi warga di desanya. 

Dirinya tidak menampik, bahwa kehadiran BOPLBF di Desa Golo Bilas, sangat berarti bagi pengembangan inovasi dibidang pertanian.

Baca juga: Akunitas Manggarai Barat Dapat Bantuan Alat Kerja UMKM dari PT Telkom Tbk, Ini Tujuannya

Baca juga: Julie Sutrisno Laiskodat Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Manggarai Barat

Sementara itu, dalam keterangannya, Direktur BOPLBF yang diwakili Kepala divisi pengembangan bisnis dan pariwisata, pak Wisnu Handoko mengatakan, kepada peserta, dirinya begitu bangga, karena keberlangsungan acara tersebut atas inisiatif masyarakat sendiri. 

"Masyarakat tersebut tergabung dalam kelompok pengembangan Hidroponik "Saung Minak". Mereka adalah anak-anak muda dari karang taruna yang penuh energik di Desa Golo Bilas," ujarnya.

Wisnu melanjutkan, kegiatan tersebut berlangsung karena inisiatif kelompok pemuda itu sendiri. Hingga pada akhirnya pihak desa bekerja sama dengan BOPLBF, dan BOPLBF diberi ruang untuk mengembangkan ide baik mereka.

"BOPLBF sifatnya memfasilitasi dan menghadirkan tenaga ahli di bidang hidroponik yang benar-benar kompeten. Ini merupakan langkah awal untuk merancang obyek wisata baru dibidang sayur mayur," lanjutnya.

Dirinya berharap agar output dari pelatihan tersebut, akan menghasilkan wirausaha baru juga mendorong lokasi Hidroponik di Desa Golo Bilas menjadi agrowisata baru dibidang hidroponik. Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut hingga penjualan produk.

"Selain itu, kami akan berusaha untuk terus mendampingi, agar para peserta benar-benar mandiri sendiri," tutup Wisnu.

Dalam sambutannya ketua DPRD Mabar, Martinus Mitar mengatakan, gebrakan yang dilakukan oleh anak muda Desa Golo Bilas merupakan sesuatu yang sangat luar biasa.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved