Breaking News:

Berita Atambua Terbaru

Paslon Bupati-Wabup Malaka Terpilih Resmi Ditetapkan KPU

Paslon nomor urut 01 (satu) Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H, MH dan Wakil Bupati,  Louis Lucky Taolin atau Paslon SN-KT ditetapkan melalui rapat p

foto : Edy Hayong.
Penyerahan berita acara penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Malaka terpilih periode 2021-2026 oleh Ketua KPU Malaka, Makarius Nahak kepada Bupati terpilih, Simon Nahak, Senin (22/3/2021).  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong

POS-KUPANG.COM I BETUN--Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malaka hasil pilkada 9 Desember 2020, secara resmi ditetapkan KPU Malaka.

Paslon nomor urut 01 (satu) Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H, MH dan Wakil Bupati,  Louis Lucky Taolin atau Paslon SN-KT ditetapkan melalui rapat pleno penetapan paslon terpilih yang memperoleh suara 50.890 sebagai suara terbanyak.

Ketua KPU Malaka, Makarius B Nahak, S.Fil menyampaikan hal ini melalui Juru Bicara, Yosep Nahak kepada Wartawan di Betun, Senin (22/3).

Dijelaskan Yosep, penetapan paslon terpilih untuk pilkada di Malaka baru dilaksanakan saat ini karena secara formal mengacu kepada landasan hukum yaitu Peraturan KPU nomor : 5 tahun 2020 tentang tahapan program dan jadwal pemilihan.

Serta mengacu pula pada putusan MK tentang persesilihan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Malaka juga surat MK perihal penyampaian putusan MK kepada KPU Malaka.

Sesuai surat MK, kata Yosep, penyampaian itu dilakukan oleh MK kepada KPU Malaka per tanggal 19 Maret 2021. Oleh karena itu kembali kepada PKPU tentang tahapan pemilihan, maka penetapan itu lima hari sejak KPU menerima salinan putusan dari MK.

"Karena kami terima pada tanggal 19 Maret maka terhitung 5 hari masih dalam interval waktu maka kita memenuhi ketentuan yang diatur dalam tahap pelaksanaan rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih," tegas Yosep.

Demikian juga, lanjut Yosep, secara materil dalam arti bahwa isi dari keputusan KPU Malaka soal penetapan saat ini mengacu kepada PKPU tentang rekapitulasi perhitungan hasil perolehan suara yang pernah dilaksanakan tanggal 16 Desember 2020.

"Jadi berdasarkan keputusan rekapituasi hasil maka hari ini KPU menetapkan hasil calon perolehan suara terbanyak sebagai paslon terpilih. Oleh karena itu paslon yang ditetapkan sebagai paslon terpilih adalah Dr. Simon Nahak, S.H, MH dan Louis Lucky Taolin yang memperoleh suara 50.890 sebagai suara terbanyak. Oleh karena itu nomor urut 1 (satu) ditetapkan," jelas Yosep.

Terkait dengan tindaklanjut penetapan ini, kata Yosep,  maka KPU menyampaikan dokumen-dokumen untuk usulan pengesahan ke DPRD Malaka. Jadi ada Berita acara pleno KPU serta SK kemudian seluruh kelengkapan dokumen hasil pleno penetapan disampaikan ke pimpinan Dewan untuk diproses lebih lanjut dalam rangka pelantikan bupati dan wabup Malaka terpilih.

"Pengusulan itu terhitung 3 hari setelah penetapan. Jadi KPU wajib sampaikan ke pimpinan dewan. Pelantikan itu sudah agenda pemda dan dewan. Kami sampai pada mengusulkan dokumen pengesahan dan penetapan paslon terpilih," pungkasnya.(*)

Penyerahan berita acara penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Malaka terpilih periode 2021-2026 oleh Ketua KPU Malaka, Makarius Nahak kepada Bupati terpilih, Simon Nahak, Senin (22/3/2021). 
Penyerahan berita acara penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Malaka terpilih periode 2021-2026 oleh Ketua KPU Malaka, Makarius Nahak kepada Bupati terpilih, Simon Nahak, Senin (22/3/2021).  (foto : Edy Hayong.)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved