Breaking News:

Program Food Estate Dilaksanakan Musim Tanam ke 2 

pembentukan kelompok tani dan pemberian pupuk, benih unggul kepada petani yang sementara menggarap sawah. 

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belu, Geraldus Mbulu 

Program Food Estate Dilaksanakan Musim Tanam ke 2 

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Pelaksanaan program lumbung pangan atau food estate Rotiklot, 
Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu akan dilaksanakan musim tanam kedua (MT2) tahun ini. 

Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Pertanian terkait program tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belu, Geraldus Mbulu kepada Pos Kupang.Com, Selasa (2/3/2021). Dikatakannya, pelaksanaan food estate belum bisa dilakukan pada musim pertama (MT1) karena petani sudah lebih awal mengolah lahan. 

"Pelaksanaan diharapkan musim tanam ke kedua. Kita tetap bangun komunikasi dengan kementerian", kata Geraldus.

Lanjutnya, ada beberapa kebutuhan dasar yang perlu dibangun di lokasi food estate diantaranya, saluran primer dan saluran tersier. Sesuai informasi, pemerintah pusat akan mengenjot pembangunan saluran irigasi di tahun ini. 

Meski belum dilaksanakannya program unggulan Jokowi ini, pemerintah daerah sudah melakukan berbagai persiapan seperti pembentukan kelompok tani dan pemberian pupuk, benih unggul kepada petani yang sementara menggarap sawah. 

Geraldus mengungkapkan sebagai suatu program, pelaksanaan food estate harus dilaksanakan sesuai perencanaan yang bagus, mulai dari pengaturan air, penataan lahan, penanaman, perawatan, panen dan pasca panen. Dari sekian hal ini, pembangunan saluran primer dan tersier merupakan kebutuhan yang segera dilaksanakan sehingga di musim taman kedua sudah eksen lapangan. 

Sebelumnya, petani yang menggarap lahan sawah di lokasi food estate Rotiklot meminta pemerintah agar segera membangun saluran primer dan tersier dari Bendungan Rotiklot menuju persawahan. 

Pasalnya, lokasi persawahan yang terletak di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak itu merupakan sawah tadahan atau sawah tadah hujan. Petani menggarap sawah hanya pada musim hujan, itupun tidak semua.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved