Breaking News:

Lewat Program Pengabdian Prajurit TNI Bantu Masyarakat di Kabupaten TTS

Kodam IX Udayana melalui program pengabdian prajurit membantu masyarakat di Kabupaten TTS dalam memenuhi kebutuhan air bersih

POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Dandim TTS, Letkol CZI Koerniawan Pramulyo 

POS-KUPANG. COM | SOE - Kodam IX Udayana melalui program pengabdian prajurit membantu masyarakat di Kabupaten TTS dalam memenuhi kebutuhan air bersih dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Saat ini, empat pompa hidran sedang dipasang di  kelurahan Nunumeu, Pana Kecamatan Kolbano, Oebaki, Kecamatan Noebeba dan Sei, kecamatan Kolbano.

Pompa hidran di pasang di sumber mata air guna menarik air ke kawasan pemukiman masyarakat. Pasalnya, sumber air berada di bawah lembah sehingga menyulitkan masyarakat untuk mengaksesnya. 

Heribertus Ngabut: Urus Orang Manggarai Harus Berakar Budaya 

" Untuk Nunumeu pompa hidrannya sudah terpasang dan masyarakat mulai menikmati air bersih bersih. Sedangkan tiga titik lainnya masih proses survei lokasi," ungkap Dandim TTS, Letkol CZI Koerniawan Pramulyo, Jumat (26/2/2021) di ruang kerjanya.

Selain membantu masyarakat dalam pemenuhan air bersih, melalui program pengabdian prajurit, masyarakat di sekitar sumber air juga mendapat bantuan 1.000 ayam kampung untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Diharapkan dengan akses sumber air yang semakin mudah, masyarakat bisa memanfaatkan air tersebut untuk pertanian dan peternakan sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Cantik, Kaya, Betah Menjanda Meski Sudah 46 Tahun Ini Penampilan Baru Tamara Bleszynski, Bikin Syok

" Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan air yang ada dengan baik. Air tersebut bisa digunakan untuk pertanian dan peternakan sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu, TNI juga memberikan bantuan 1000 ayam kampung," ujarnya.

Pasca dipercaya menjadi Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak langsung melakukan kunjungan ke Propinsi NTT.

Dalam kunjungan tersebut diketahui persoalan yang dialami masyarakat NTT adalah kesulitan air bersih. Oleh sebab itu, Pandam meluncur program pengabdian prajurit untuk membantu masyarakat di Propinsi NTT dalam menyelesaikan persoalan air bersih.

Selain memanfaat sumber air permukaan, nantinya akan dilakukan survei potensi air bawah tanah untuk dilakukan pemboran air bawah tanah. 

Pada 3 Maret mendatang lanjut Dandim Koerniawan, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak diagendakan akan berkunjung ke Kabupaten TTS. Pandam akan meninjau pemanfaatan air di Nunumeu dan melihat pengembangan ayam kampung bantuan TNI. 

" Untuk menyelesaikan persoalan air bersih, selain memanfaat sumber mata air permukaan, kita juga akan memanfaatkan sumber air bawah tanah. Kita akan bekerja sama dengan Dinas PRKP untuk melakukan survei geolistrik" pungkasnya. (Laporan Reporter Pos-Kupang. Com, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved