Breaking News:

Komitmen Sukseskan Program Sejuta Rumah, REI NTT Minta Dukungan Perbankan

Real Estat Indonesia ( REI) yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam penyaluran rumah bersubsidi

Pos Kupang.com/Paul Burin
Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Real Estat Indonesia ( REI) yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam penyaluran rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR) terus berkomitmen untuk menyukseskan Program Sejuta Rumah itu.

Oleh karena itu, DPD REI NTT meminta dukungan perbankan agar bisa bekerja sama dalam menyukseskan program pemerintah tersebut. REI NTT mengandeng perbankan agar konsumen mempunyai lebih banyak kesempatan untuk memiliki rumah.

Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby menyebut, target pembangunan rumah sebanyak 3.000 unit rumah untuk tahun 2021 terbagi untuk rumah komersil dan rumah subsidi.

Bantuan Hukum Bagi Anak Perempuan Pelaku Pembunuhan di TTS

Namun, 90 persen dari kuota itu diberikan untuk rumah subsidi.

Untuk rumah subsidi sendiri terdapat tiga program/skema, yakni Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan kuota 75 persen, Subsidi Selisih Bunga (SSB) dengan kuota 24 persen, dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dengan kuota 1 persen.

"Saat ini bank yang berpatisipasi untuk penyaluran FLPP adalah Bank NTT, BRI, BTN, Mandiri dan BNI. Tapi, Mandiri dan BNI tidak aktif di NTT," sambung Bobby.

Pembunuhan di Sumba Timur - Camat Lewa Tidahu Duga Ada Motif Hutang Piutang

REI NTT memiliki sejumlah strategi agar bisa menggenjot penyaluran kuota rumah bersubsidi di NTT. Salah satu yang dilakukan REI NTT adalah membuat MoU dengan Polda NTT untuk pemenuhan akan perum bagi anggota. REI NTT juga bekerja sama dengan pemerintahan agar pajak daerah bisa diminimalisasi bahkan dihapus.

"Respon mereka (pemda) semua baik dan akan membuat perda di daerah masing-masing. Tapi memang sangat lambat karena hingga kini baru satu (daerah) yang sudah ada perdanya, yakni Pemda Belu yang sudah membuat perda akan BPHTB. Yang lain belum," ujarnya.

"REI NTT tetap berkomitmen sebagai garda terdepan dalam pembangunan perumahan. Tapi REI tidak bisa bekerja sendiri. Oleh sebab itu dukungan perbankan sangat diharapkan juga untuk menyukseskan program sejuta rumah ini," kata Bobby menambahkan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved