Breaking News:

Aksi Moril Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah di Betun

Aksi moril warga bergotong royong membersihkan sampah di Betun Kabupaten Malaka

Penulis: Edy Hayong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Aksi moril warga Malaka yang membersihkan sampah di Kota Betun, Sabtu (13/2/2021). 

Aksi moril warga bergotong royong membersihkan sampah di Betun Kabupaten Malaka

POS-KUPANG.COM | BETUN - Kebersihan bukan hanya menjadi tanggung jawab perorangan atau pemerintah semata, tapi menjadi perhatian semua kalangan.

Khusus di Betun, Ibu kota Kabupaten Malaka dalam sebulan belakangan di setiap sudut kota terlihat tumpukan sampah "menggunung" dan menebar aroma tak sedap.

Melihat kondisi ini, kaum milenial yang disponsori Roy Tey Seran (RTS) Center dan Yanto Bria Lawalu (YBL) Creator dengan melibatkan Puskesmas Betun, Pemerintah Desa Wehali, Aparat Kepolisian Sektor Malaka Tengah dan Koramil 1605-04 Betun, menggelar aksi moril membersihkan sampah-sampah yang bertebaran.

Rosalinda Oktaviana Terharu Atas Aksi Kemanusiaan TNI Bagi Warga di Perbatasan RI-RDTL

Kepala Puskesmas Betun, Irene Tey Seran, di sela-sela kegiatan Sabtu (13/2) mengatakan, kebersihan merupakan tanggung jawab bersama atau semua komponen masyarakat bukan tanggung jawab segelintir orang atau pihak tertentu.

"Kebersihan itu tanggung jawab semua orang bukan hanya pihak tertentu. Jadi kita sebagai masyarakat Malaka wajib untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar,"ujarnya.

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Lakukan Aksi Kemanusiaan di Perbatasan RI-RDTL

Menurut Irene, selain itu membersihkan lingkungan sekitar dari sampah dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat penting dalam pencegahan penyakit berbasis lingkungan seperti demam berdarah, malaria, diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya ketika musim hujan seperti sekarang.

"Karena sesungguhnya penyakit berbasis lingkungan itu diciptakan oleh kita masyarakat itu sendiri karena kurangnya kebersihan terhadap lingkungan," jelasnya.

Karena itu dirinya mengajak seluruh masyarakat Rai Malaka untuk sama-sama menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar dapat terhindar dari penyakit berbasis lingkungan seperti demam berdarah, malaria, diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya.

Ia juga berterima kasih kepada kaum milenial yang sudah berinisiatif untuk melakukan kegiatan kebersihan di sekitaran kota betun yang juga merupakan pusat ibu kota Kabupaten Malaka.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved