Breaking News:

8 Destinasi Pariwisata Dalam Nominasi Anugerah Pesona, Bukti Sah NTT Punya Destinasi Kelas Dunia 

delapan kategori nominasi pada ajang rutin apresiasi pariwisata bergengsi dan terbesar di Indonesia ini. 

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Poster Nominasi Kampung Adat Terpopuler  Anugerah Pesona Indonesia ke-5 tahun 2020.  

8 Destinasi Pariwisata Dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020, Bukti Sah NTT Punya Destinasi Kelas Dunia 

POS-KUPANG.COM | KUPANG --  Sebanyak delapan destinasi / ikon pariwisata di Provinsi NTT masuk nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020. Kedelapan ikon tersebut masuk dalam delapan kategori nominasi pada ajang rutin apresiasi pariwisata bergengsi dan terbesar di Indonesia ini. 

Pelaksanaan tahapan penilaian atau voting untuk nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia ke-5 tahun 2020 tersebut telah berakhir pada Desember 2020 lalu.

Sementara itu, pengumuman pemenang  rencananya akan digelar dalam rangkaian Malam puncak Anugerah Pesona Indonesia ke-5 tahun 2020 di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat NTT akhir Februari 2021. 

Dengan menempatkan delapan ikon / destinasi pariwisata menjadi nominasi, maka bersama dengan Aceh dan Provinsi Kepulauan Riau, NTT menjadi provinsi yang meloloskan paling banyak nominasi. 

"Hanya ada tiga provinsi dari 34 provinsi di Indonesia yang menempatkan sebanyak 8 destinasi sebagai nominasi. Selain NTT ada Aceh dan Riau," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Ir Wayan Darmawa saat peluncuran Gerakan Dukung Pariwisata NTT pada Agustus 2020 lalu.

Hal tersebut, kata Wayan,  menjadi kebanggaan sekaligus bukti sahih NTT sebagai provinsi dengan destinasi kelas dunia terbanyak di Indonesia. 

Wayan mengatakan, masih banyak destinasi dan objek wisata di NTT yang bisa dieksplor. NTT sendiri telah masuk sebagai salah satu dari lima nominasi pariwisata terbaik, bersaing dengan Provinsi Jakarta, Jogjakarta, Riau dan Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur. 

Nominasi tersebut terdiri dari Se'i Provinsi NTT (API 1G) untuk Kategori Makanan Tradisional Terpopuler 2020. Berikut, Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kota Kupang (API 5H) untuk kategori Destinasu Belanja Terpopuler 2020, Island Hoping Pulau Meko Kabupaten Flores Timur (API 8E) untuk Kategori Wisata Air Terpopuler 2020, Fulan Fehan Kabupaten Belu (API 10C) untuk Kategori Dataran Tinggi Terpopuler 2020 serta Situs Liang Bua Ruteng Kabupaten Manggarai (API 12F) untuk Kategori Situs Sejarah Terpopuler 2020.

Selain itu, Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua (API 13C) untuk Kategori Kampung Adat Terpopuler 2020, Pulau Semau Kabupaten Kupang (API 17I) untuk kategori Destinasi Baru Terpopuler 2020 dan Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao (API 18D) untuk Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler 2020. 

Wagub NTT, Josef Nae Soi Minta PLN Fasilitasi Instalasi Khusus Listrik di Rumah Sakit 

Dewan Dukung Pemerintah Wujudkan Pariwisata Sebagai Sektor Ekonomi Baru 

Kita Harus Lakukan Antisipasi Untuk Capai Target Modal Inti Bank NTT Tahun 2024

Menjadi nominator dalam ajang API, kata Wayan, merupakan motivasi sekaligus promosi agar pariwisata NTT dapat lebih maju. Dengan 1.358 destinasi wisata, NTT menjadi daerah dengan jumlah destinasi wisata terbanyak. Karenanya, pariwisata digenjot sebagai prime mover pembangunan dan penggerak ekonomi NTT.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved