Breaking News:

Vaksin Covid-19 Bagi Nakes di Belu Dilakukan Minggu Pertama Febuari 2021

scrining bagi para tenaga kesehatan dan tokoh-tokoh sebagai penerima vaksin, namun tanggalnya belum dipastikan.

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe 

Vaksin Covid-19 Bagi Nakes di Belu Dilakukan Minggu Pertama Febuari 2021

POS KUPANG.COM|ATAMBUA--Di awal Febuari 2021, Pemerintah
Kabupaten Belu akan memberikan vaksin kepada tenaga kesehatan (nakes) dan para tokoh potensial sesuai juknis dari Kementerian Kesehatan. 

Pemerintah sudah melakukan scrining bagi para tenaga kesehatan dan tokoh-tokoh sebagai penerima vaksin, namun tanggalnya belum dipastikan. 

Hal itu disampaikan Pejabat Sekda Belu, Frans Manafe, S.Pi kepada wartawan, Senin (2/2/2021). Menurut Manafe, pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi NTT telah mengirim 3.080 vial vaksin Covid-19  Sinovac sejak Kamis sore (28/1/2021). 

"Kemarin sudah ada vaksin yang dikirim dari Provinsi sebanyak 3.080. Tapi ini kan 2 tahap pertama berarti vaksin yang ada hanya untuk 1.540 orang", ungkap Manafe. 

Lanjut Manafe, saat ini vaksin tersimpan di gedung laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Belu dalam pengawasan pemerintah.  

Sesuai petunjuk teknis, kata Manafe, sebelum diberi vaksin, penerima vaksin harus melalui proses registrasi termasuk scrining. Pelaksanaan scrining sudah dilakukan dan  menunggu jadwal vaksin. Pemberian vaksin dilakukan Minggu pertama Febuari 2021.

"Rencananya minggu pertama bulan Februari ini hanya tanggal vaksinnya belum tahu karena orang-orang yang mau divaksin harus diperiksa terlebih dahulu. Kalau masuk kriteria maka orang itu ditetapkan sebagai penerima vaksin", kata Manafe.

Menurut Manafe, vaksin pertama akan diberikan kepada Forkompinda plus dengan tokoh agama, tokoh masyarakat 10 orang sebagai pemberi teladan. Setelah itu dilanjutkan dengan tenaga nakes di Kabupaten Belu disesuaikan dengan jumlah vaksin.

Mantan Kepala Bappeda Belu ini menegaskan, pemberian vaksin Covid-19 ini tidak gegabah dan butuh kehati-hatian sehingga tidak menimbulkan efek lain bagi penerima vaksin.

Baca juga: WOW Jadi Acara Pernikahan Termahal Tahun Ini! Biaya Acara Nikah Atta Halilintar-Aurel Rp 30 Miliar 

Baca juga: Ada Sejumlah Pulau di NTT Diprediksi Berpotensi Terjadi Angin Kencang 

Manafe berharap dengan pemberian vaksin Covid-19 ini bisa memberikan kekebalan tubuh bagi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan pencegahan dan penanganan Covid-19. Begitu juga masyarakat dapat menambah imunitas guna mencegah Covid-19. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jemahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved