Breaking News:

Berita Sumba Timur Terkini

RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Sudah Bisa Proses Donor Plasma Konvalensen

RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, Sumba Timur saat ini sudah bisa melakukan donor plasma konvalensen. Plasma konvalensen adalah plasma darah yang diambil

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
BPBD Kabupaten Sumba Timur sedang melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi di Kota Waingapu dan sekitarnya, Kamis (28/1/2021)   

RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Sudah Bisa Proses Donor Plasma Konvalensen

Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/WAINGAPU -- RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, Sumba Timur saat ini sudah bisa melakukan donor plasma konvalensen. Plasma konvalensen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien positif Covid-19 yang masih dalam perawatan.

Hal ini disampaikan Direktur RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, dr. Lely Harakai,M.Kes melalui Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Umbu Rara Meha Waingapu,dr. Maria Y. Mau Hera, Sp. PK, Kamis (28/1/2021).

Menurut dr. Maria, saat ini ada 14 penyintas  yang siap melakukan donor plasma konvalensen, namun pihaknya masih melakukan pemeriksaan agar pendonor itu bisa memenuhi persyaratan donor plasma.

"Memang sudah ada penyintas yang siap melakukan donor plasma, hanya saja harus dicek apakah penuhi syarat atau tidak," kata dr.Maria.

Dijelaskan, beberapa persyaratan yang harus dilewati sehingga dapat mendonor plasma konvalensen adalah pasien sembuh dengan usia 18 -60 tahun, hasil skrining terhadap antibodi golongan darah negatif, juga dengan berat 
badan minimal 55 kg.

"Jadi ada syarat dan proses yang harus kita lewati juga dengan melakukan skrining. Calon pendonor juga akan diperiksa tekanan darahnya, Hemoglobin, suhu tubuh dan lainnya," kata Maria.

Dikatakan, untuk data pasien yang telah sembuh Covid-19, pihaknya mendapat data dari Dinas Kesehatan Sumba Timur, termasuk identitas dan nomor kontak sehingga bisa dihubungi menjadi pendonor plasma konvalensen.

Ketua Komisi C DPRD Sumba Timur, Ayub Tay Paranda, S.E mengatakan, donor plasma konvalensen saat ini sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu pemulihan pasien positif Covid-19. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved