Satu Minggu Lagi Kapolri Listyo Sigit Terapkan Aturan Baru Polisi Hanya Atur Lalulintas Tanpa Tilang

Sasaran penindakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) untuk sepeda motor sudah diberlakukan mulai 1 Februari 2021 nanti

Editor: Frans Krowin
(Facebook DPR RI)
Live Streaming Uji Kelayakan Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo. 

Satu Minggu Lagi Kapolri Listyo Sigit Terapkan Aturan Baru Polisi Hanya Atur Lalulintas Tanpa Tilang

POS-KUPANG.COM - Tingal satu minggu lagi, tepatnya mulai 1 Februari 2021, Calon Kapolri Komjen Listyo SIgit Prabowo akan menerapkan aturan baru.

Aturan baru yang dimaksud, adalah aturan yang mengatur tentang lalulintas di jalan raya, terlebih soal peran polisi dan tindakan penilangan.

Tugas prioritas yang dilakukan polisi lalulintas, adalah melakukan tilang elektronik bagi yang melanggar dan terekam CCTV.

Aturan ini khusus diterapkan bagi pengendara sepeda motor. Sedangkan pengemudi mobil belum.

Sasaran penindakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) untuk sepeda motor sudah diberlakukan mulai 1 Februari 2021 nanti.

Terlebih lagi, calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menegaskan, mulai mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik di bidang lalu lintas.

Salah satunya melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau ETLE,” ujar Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam uji kepatuhan dan kelayakan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

KABARESKRIM POLRI -- Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan terkait pencopotan Brigjen Pol Prasetijo Utomo dari jabatan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Korwas) PPNS Bareskrim Polri, Kamis (16/7/2020), gara-gara terbitkan surat jalan bagi buronan Djoko Soegiharto Tjandra. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
KABARESKRIM POLRI -- Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan terkait pencopotan Brigjen Pol Prasetijo Utomo dari jabatan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Korwas) PPNS Bareskrim Polri, Kamis (16/7/2020), gara-gara terbitkan surat jalan bagi buronan Djoko Soegiharto Tjandra. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay) (Kompas.com)

Tujuannya, meminimalisasi penyimpangan penilangan saat anggota polisi lalu lintas melaksanakan tugasnya.

Dengan demikian, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, polantas yang bertugas di lapangan nantinya hanya mengatur lalu lintas tanpa melakukan penilangan.

Untuk sasaran penindakan ETLE pengguna motor ada tiga, yaitu melanggar rambu lalu lintas, pelanggaran marka jalan, dan tidak memakai helm.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, dari semua pelanggaran yang masuk dalam kategori ETLE, paling mendominasi pengguna motor yang menerobos masuk ke jalur Transjakarta.

“Jenis pelanggaran yang paling banyak terjadi yaitu pelanggaran sepeda motor melintasi jalur Transjakarta, jumlahnya mencapai 625 pelanggaranan hanya dalam sepekan setalah diterapkannya tilang elektronik tersebut,” ujar Fahri saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved