Breaking News:

Salam Pos Kupang

Kapolri Baru Tegas Saja Tidak Cukup

Dan Nama Komjen (Pol) Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi disebut-sebut sebagai Calon Kapolri Baru

Kapolri Baru Tegas Saja Tidak Cukup
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - PERGANTIAN Kepala Polisi Republik Indonesia alias Kapolri adalah hal biasa dalam tubuh Polri. Dan Nama Komjen (Pol) Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi disebut-sebut sebagai Calon Kapolri Baru.

Komjen Listyo merupakan pria kelahiran Ambon, Maluku, 5 Mei 1969. Listyo adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991 dan mengambil lulus S2 di Universitas Indonesia setelah menghasilkan tesis tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo.

Siapa tak kenal Listyo yang menduduki sejumlah jabatan Kapolres seperti Kapolres Pati, Wakapolrestabes Semarang dan Kapolresta Solo. Dan Pernah juga menjabat Kasubdit II Dittipdum Bareskrim Polri. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara pun pernah dijabatnya.

Baca juga: Prakiraan BMKG: Manggarai Hujan

Karirnya naik usai menjadi Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Seperti menjabat Kepala Kepolisian Daerah Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Tak hanya jabatan mumpuni yang pernah dijalaninya.

Listyo juga tercatat pernah membongkar sejumlah kasus besar di Indonesia saat menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Sebut saja kasus penyiram air keras pada Novel Baswedan, Maria Lumowa, dan Djoko Tjandra.

Baca juga: BMKG Minta Warga Sumba Waspadai Siklon Tropis

Termasuk penanganan kasus kerumuman saat massa pandemic Covid-19 dengan penetapan tersangka Habib Rizieq. Juga kasus terbunuhnya 6 anggota FPI saat proses pemeriksaan terhadap saksi kasus kerumunan tersebut.

Dengan sejumlah kasus besar yang pernah ditangani dan jabatan yang pernah diemban Listyo, tentunya masyarakat Indonesia berharap jika pun Listyo menjadi Kapolri nanti, Listyo bisa menjadi Kapolri yang baik.

Kapolri yang baik dalam arti, Listyo bisa benar-benar memimpin seluruh anggota Polisi dan lembaga Polri di seluruh Indonesia ini agar bisa menjadi profesional dalam menjalankan tugas dan menegakan aturan hukum yang berlaku.

Dan Polri diharapkan benar-benar bebas dari urusan atau kepentingan politik, tak terkontaminasi dengan berbagai kasus-kasus pidana, korupsi, perdata dan sebagainya. Polri masa depan diharapkan tak hanya professional dalam bekerja namun juga mampu bersikap humanis saat melayani masyarakat pencari keadilan.

Selain itu, Listyo juga diharapkan bisa memperbaiki mental anggota Polri termasuk membenahi dan meningkatkan fasilitas sarana prasarana Polri di seluruh tanah air. Agar pelayanan hukum kepada masyarakat di setiap wilayah bisa meningkat.

Listyo juga diharapkan tegas menindak anggota Polri yang `bermain' dalam penanganan kasus-kasus hukum di setiap tingkatan atau jenjang. Tapi, tak hanya tegas, Listyo diharapkan lebih banyak melakukan perekrutan anggota Polri di daerah masing-masing.

Tentunya Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berharap dengan kepemimpinan Listyo, anak-anak atau putra daerah NTT lebih banyak direkrut menjadi anggota Polri. *

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved