Breaking News:

Info Kesehatan

Wajib Tahu, 10 Penyebab Batuk Berdarah dan Kapan Perlu Waspada

berasal dari hidung, tenggorokan, saluran pernapasan bagian atas, atau paru-paru. Batuk berdarah adalah gejala penyakit.

ILS
Redahkan batuk tanpa obat 

Wajib Tahu, 10 Penyebab Batuk Berdarah dan Kapan Perlu Waspada

POS-KUPANG.COM--Batuk saat pandemi covid menjadi hal yang menggelisahkan sebagain orang.

Batuk yang disertai flu bisa berindikasi ke Covid. Namun, lainnya halnya dengan batuk berdarah.

Batuk berdarah atau munculnya darah dalam dahak.

Saat batuk dapat memunculkan kekhawatiran. Darah yang muncul bersamaan dengan dahak saat batuk bisa berasal dari hidung, tenggorokan, saluran pernapasan bagian atas, atau paru-paru. Batuk berdarah adalah gejala penyakit.

Dalam dunia kesehatan, kondisi ini dikenal dengan hemoptisis. Parah atau tidaknya batuk berdarah tergantung banyaknya jumlah dahak berdarah dan lamanya gejala penyakit.

Berikut beberapa penyebab batuk berdarah dan kapan perlu waspada dengan masalah kesehatan ini.

Penyebab batuk berdarah Melansir NHS, terdapat beberapa penyebab batuk berdarah, antara lain: Batuk parah berkepanjangan Infeksi dada ditandai dengan demam, sesak, dahak berubah warna Bronkiektasis, disertai gejala mengi atau sesak napas.

Mimisan parah Emboli paru karena ada gumpalan darah di paru-paru Edema paru karena ada cairan di paru-paru Kanker paru-paru Penyakit tuberkulosis (TBC) Kanker tenggorokan Efek samping obat pembekuan darah Penyebab batuk berdarah umumnya berasal dari batuk berkepanjangan, infeksi, atau mimisan. Kendati begitu, Anda tidak boleh mengabaikan batuk berdarah.

Meskipun dahak berdarah yang keluar hanya berupa bercak. Batuk berdarah bisa jadi gejala penyakit pernapasan atau infeksi saluran pernapasan.

Melansir Healthline, penting untuk segera membawa penderita ke dokter apabila batuk berdarah dalam kondisi: Batuk berdarah muncul setelah jatuh atau cedera dada Dahak berdarah yang keluar sampai beberapa sendok teh Muncul darah dalam urine dan tinja Disertai gejala nyeri dada, pusing, demam, sesak napas Baca juga: 5 Penyebab Banyak Dahak di Tenggorokan dan Cara Menghilangkannya Darah yang keluar dari paru-paru umumnya terlihat berbuih.

Baca juga: Mabuk Moke, Pria 72 Tahun Tewas di Halaman Rumah Warga Desa Dobo Nuapuu-Sikka

Baca juga: Tak Ingin Gempi Tahu dari Orang Lain, Gisel Bicara Jujur dengan Putrinya Soal Ini

Hal itu disebabkan darah bercampur dengan udara dan lendir di paru-paru. Warna darah dalam batuk berdarah umumnya mirip karat atau merah cerah.

Sedangkan yang bercampur dengan dahak, darah hanya kelihatan semburat. Dokter dapat mengetahui penyebab batuk berdarah dengan pasti lewat pemeriksaan dengan prosedur medis seperti bronkoskopi, spirometri, laringoskopi, tonsilektomi, dan biopsi saluran napas bagian atas. Perawatan medis yang tepat sesuai penyebab mendasar penyakit dapat mengatasi batuk berdarah.  (*/tribunews)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Penyebab Batuk Berdarah dan Kapan Perlu Waspada", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2021/01/16/121200968/10-penyebab-batuk-berdarah-dan-kapan-perlu-waspada?page=all#page3.

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved