Breaking News:

Info Kesehatan

Anda Mengalami Stres ? Atasi dengan 14 Makanan Ini

vitamin B diperlukan untuk produksi neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang membantu mengatur suasana hati.

kompas.com
Tips agar tidak stress pada saat pandemi virus corona 

Anda Mengalami Stres ? Atasi dengan 14 Makanan Ini

POS-KUPANG.COM--Jika Anda merasa stres, wajar saja untuk mencari kelegaan. Meskipun serangan stres sesekali sulit untuk dihindari, stres kronis dapat berdampak serius pada kesehatan fisik maupun kesehatan emosional Anda. Faktanya, stres kronis dapat meningkatkan risiko kondisi termasuk penyakit jantung dan depresi.

Menariknya, makanan dan minuman tertentu mungkin memiliki kualitas penghilang stres. Berikut ini adalah beragam makanan dan minuman untuk membantu menghilangkan stres yang bisa dipilih:

1. Bubuk matcha Bubuk matcha populer di kalangan penggemar kesehatan karena dianggap kaya akan L-theanine, asam amino non- protein dengan sifat pereda stres yang kuat.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Current Pharmaceutical Design pada 2017, mengungkap bahwa matcha adalah sumber asam amino yang lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya, karena dibuat dari daun teh hijau yang ditanam di tempat teduh.

Proses ini meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine. Baik penelitian pada manusia maupun hewan, menunjukkan bahwa matcha dapat mengurangi stres jika kandungan L-theanine-nya cukup tinggi dan kafeinnya rendah.

Misalnya, dalam studi selama 15 hari, 36 orang mengonsumsi kue yang mengandung 4,5 gram bubuk matcha setiap hari.

Mereka yang dterlibat dala penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Heliyon pada Mei 2019 tersebut diketahui mengalami penurunan aktivitas penanda stres alfa-amilase saliva secara signifikan, dibandingkan dengan kelompok placebo (jenis obat kosong).

2. Daun Swiss chard Swiss chard adalah sayuran berdaun hijau yang dikemas dengan nutrisi pelawan stres.

Melansir Health Line, hanya 1 cup (175 gram) daun swiss chart yang dimasak mengandung 36 persen dari asupan magnesium yang disarankan, yang berperan penting dalam respons stres tubuh.

Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved