Breaking News:

BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin Covid-19 Sinovac, Ini Efeknya 

Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) Terbitkan Izin Darurat Vaksin Covid-19 Sinovac, Ini Efeknya 

Editor: OMDSMY Novemy Leo
(ANTARA)
Ketua Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin Covid-19 Sinovac, Ini Efeknya. 

Setelah Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) mengeluarkan fatwa halal dan suci untuk vaksin covid-19 atau virus corona, Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) mengeluarkan izin penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19.

Fatwa Hall dari MU dan Izin Darurat dari BPOM ini menjadi dasar penggunaan vaksin covid-19 Sinovac di Indonesia.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia melalui Komisi Fatwa telah memutuskan bahwa vaksin covid-19 Sinovac asal Tiongkon, China halal dan suci untuk digunakan.

"Badan POM menetapkan mengeluarkan izin penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19.

Izin diberikan untuk penggunaan Coronavac produksi Sinovac yang bekerja sama dengan Bio Farma. Izin ini sesuai dengan panduan WHO," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers di Aula Gedung C BPOM, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Penny K Lukito mengatakan vaksin Sinovac yang telah diuji coba tahap ketiga di Bandung telah memenuhi standar keamanan yang disyaratkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Pertama, hasil evaluasi terhadap data dukung keamanan yang diperoleh dari studi klinis fase ketiga di Indonesia, Brazil dan Turki secara keseluruhan aman dengan kejadian efek samping ringan hingga sedang," ujar Penny dalam konferensi pers secara virtual itu.

Efek samping yang dimaksud antara lain nyeri, iritasi dan pembengkakan yang tidak bahaya dan dapat pulih kembali keesokan harinya.

Kedua, berdasarkan hasil evaluasi khasiat, vaksin Sinovac sudah mampu membentuk antibodi di dalam tubuh.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved