Breaking News:

Salam Pos Kupang

REI EXPO Gairahkan Ekonomi

SUDAH enam hari Bank NTT REI EXPO 2020 digelar di Lippo Plaza Kupang. Kegiatan ini terselenggara berka kerja sama Bank NTT dan REI NTT

REI EXPO Gairahkan Ekonomi
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - SUDAH enam hari Bank NTT REI EXPO 2020 digelar di Lippo Plaza Kupang. Kegiatan ini terselenggara berka kerja sama Bank NTT dan Real Estate Indonesia ( REI) Provinsi NTT.

Menurut Ketua REI NTT, Bobby Pitoby, kegiatan pameran ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat rumah subsidi.

Artinya, kegiatan pameran ini bisa mendorong masyarakat untuk tidak ragu untuk membeli rumah termasuk dehgan fasilitas subsidi yang sudah disiapakan pemerintah.

Baca juga: Menhub Antusias TribunAmbon.com Promosi Maluku

Secara umum, kita pantas member pujian pada REI NTT yang dengan berani terus setia dalam bisnis penyediaan tempat tinggal yang layak huni bagi masyarakat Kota Kupang.

Selain itu, REI NTT juga merupakan organisasi dalam dunia bisnis juga tak terus beraktivitas dalam situasi pendemi saat ini. REI NTT terus memberikan kontribusi pada pemangunan NTT.

Baca juga: Wagub Josef: 2.116 Km Jalan Provinsi Kondisi Mantap

Kerja keras REI NTT dalam membangun bumi Flobamora bukannya tanpa tatangan. Di masa pendemi virus corona saat ini, REI NTT juga mendapat pukulan yang ikut memengaruhi laju pertumbuhan pembangunan perumahan di NTT.

Sejauh ini penyerapan perumahan di NTT pada tahun 2020 hanya mencapai 1.768 unit rumah di beberapa perbankan. Jika dibandingkan dengan tahun 2019, dimana terbangun 2.854 unit rumah, maka terjadi penurunan sebesar 38 persen di tahun 2020.

Penurunan ini disebabkan oleh kuota rumah subsidi yang sangat sangat minim karena kuota rumah subsidi di beberapa bank sejak April sudah habis. Jadi, ini menjadi masalah sendiri. Selain daripada itu karena Covid-19, jadi penyerapan agak lebih rendah.

Meski menurun, namun REI NTT terus berupaya untuk memotivasi masyarakat untuk berani memiliki rumah sendiri. Dengan demikian, bisa menumbuhkan kebutuhan rumah khususnya di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Kita bersyukur di saat pendemi saat ini bahwa di masa pendemi ini masih ada geliat pembangunan yang ditandai dengan adanya rumah yang terjual. Barutiga hari saja, sudah ada 35 unit rumah yang terjual dengan nilai penjualan lebih dari Rp 1 miliar.

REI NTT bisa pasang target hingga 300 rumah terjual dalam sekali pameran, namun kali ini pengurus hanya pasang target setenganya atau hanya 150 unit rumah yang terjual dengan nilai mencapai Rp 25 miliar, namun antusias masyarakat begitu tinggi.

Prospek kepemilikan rumah di masa mendatang khususnya di Kota Kupang masih tinggi. Dengan adanya tawaran subsidi dari pemerintah akan memungkinkan kaum milinela juga bari memiliki rumah.

Dengan demikian roda perekonomian dalam bidang perumahan juga akan terus meningkat.

Kita berharap terus adanya minat untuk memiliki rumah tidak mengurangi aspek pelayanan para pengembang kepada pelanggan atau nasabah seperti ketersediaan air bersih, sistim dreinase hingga manajamen sampah.

Selain itu, kualitas rumah juga harus tetap terjaga demi kelangsungan usaha
Sehingga bisnis padat modal ini tidak menjadi hal yang merugikan hanya karena calon pembeli tak lagi mempercayai pengembang. *

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved