Breaking News:

Obituari Pater Dr. Peter C. Aman OFM: Jejak Keterlibatan Abadi

PESAN “kepergian” Direktur JPIC OFM Indonesia, Pater Dr. Peter C. Aman OFM di tengah malam, Selasa (15/12/3-2020) sangat mengagetkan.

Hidupkatolik.com
Pater Dr. Peter C. Aman OFM 

Jejak Keterlibatan Abadi ( Obituari Pater Dr. Peter C. Aman OFM)

Oleh Steph Tupeng Witin

Penulis Buku “Politik Dusta di Bilik Kuasa” (JPIC OFM, 2018)

PESAN “kepergian” Direktur JPIC OFM Indonesia, Pater Dr. Peter C. Aman OFM di tengah malam, Selasa (15/12/3-2020) sangat mengagetkan. Putra Lambaleda Manggarai ini memiliki kenangan istimewa dalam ruang batin. Sosok yang human, intelektual yang humoris, penulis yang peka terhadap berbagai soal di ruang publik dan Imam yang terlibat dalam advokasi kemanusiaan dan masalah lingkungan hidup.

Rakyat Lembata di wilayah Kedang dan Leragere tidak akan pernah melupakan jejak kaki keterlibatan Pater Peter Aman saat Pemkab dan DPRD Lembata asyik bermimpi bahwa solusi kesejahteraan adalah monster pertambangan (2006-2008).

Penulis ingat betul saat kami, para pastor OFM dan SVD Ende tidur bersesak-sesakan di rumah tokoh muslim Hingalamengi, Kedang, Abu Samah yang kemudian dibawa oleh OFM ke Jakarta menjadi saksi militan tolak tambang Lembata dalam sebuah seminar nasional.

Orang-orang sederhana di seluruh pelosok tanah Manggarai tidak akan pernah lupa dengan sosok ini yang bersama mempertahankan tanah dari incaran investor tambang yang berkolusi dengan elite pemerintah lokal yang lihai memperdaya sebagian warga lokal.

Kasus-kasus penolakan tambang di tanah Flores dan Lembata tidak akan pernah terpisahkan dari advokasi profetis para Religius Ordo Fratrum Minorum (OFM) Indonesia.

Societas Verbi Divini/SVD) mesti mengakui dengan jujur bahwa OFM adalah “guru” dalam advokasi tolak tambang. Pater Dr. Peter C. Aman OFM terlibat aktif dalam gerakan menyelamatkan tanah Flores dan Lembata ini.

Saat menempuh studi Magister Jurnalistik di Jakarta (2009-2011), penulis selalu datang ke Kantor JPIC OFM di Galur Tanah Tinggi Senen Jakarta Pusat. Pater Peter Aman, Pater Mike Peruhe (sebelum jadi pembesar OFM Indonesia), Valens Dulmin dan beberapa frater OFM tinggal di tempat sederhana ini. Kantor ini sangat asri karena ruang depan dipenuhi ribuan pot bunga dari beragam jenis. Sebuah oase hijau di tengah “padang gurun” kota Jakarta yang sumpek, macet dan kumuh.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved