Breaking News:

Opini Pos Kupang

SIREKAP PADA PILKADA 2020

Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota tahun 2020 merupakan pemilihan periode ke-4 sejak dimulainya era pemilihan langsung pada tahun 2005

SIREKAP PADA PILKADA 2020
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh Thomas Dohu, Ketua KPU Provinsi NTT

POS-KUPANG.COM - Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota tahun 2020 merupakan pemilihan periode ke-4 (empat) sejak dimulainya era pemilihan langsung pada tahun 2005. Pelaksanaanya telah banyak berubah baik aspek regulasi, penyelenggara, peserta pemilihan maupun tata cara teknis pelaksanaanya.

Hasil akhir pemilihan berupa perolehan suara pasangan calon menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu publik karena akan mengetahui pasangan calon manakah yang akan terpilih yang akan memimpin Provinsi/Kabupaten/Kota dalam periode 5 (lima) tahun yang akan datang.

Baca juga: Pasca Meletus, Gunung Ile Lewotolok Alami Ini

Secara umum pemilu/pemilihan adalah proses pengubahan perolehan suara menjadi kursi/pemimpin (transfer votes into seat(s).

Dalam pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak akan ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih kecuali untuk pemilihan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Proses mengkonversi suara menjadi pemimpin dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten, dilakukan dengan pola; pemilih mencoblos, hasil coblosan dibaca, hasil pembacaan dicatat dalam kertas ukuran plano, hasil pencatatan dalam kertas ukuran plano disalin dalam formulir ukuran kwarto, hasil pencatatan dan penyalinan direkapitulasi ditingkat Kecamatan, hasil rekapituliasi di Kecamatan direkapitulasi ditingkat Kabupaten/Kota.

Baca juga: Bupati dan Wabup Manggarai Timur Serahkan Bantuan Modal Usaha Bagi 9.634 Pelaku UMKM

Berdasarkan hasil rekapitulasi di Kabupaten/Kota maka selanjutnya ditetapkan pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak sebagai pasangan calon terpilih.

Waktu Penetapan Hasil Pemilihan

Berdasarkan ketentuan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, penetapan hasil rekapitulasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 17 Desember 2020 atau dilaksanakan selama 9 s/d 13 hari sejak pemungutan suara sedangkan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur rekapitulasi ditetapkan pada tanggal 16 s/d 20 Desember 2020 atau dilaksankan selama 12 s/d 16 hari sejak pemungutan suara.

Memenuhi Harapan Publik

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved