Breaking News:

Presiden AS Donald Trump Pecat Menteri Pertahanan Mark Esper Lewat Twitter Dengan Ucapan Seperti Ini

Pemecatan itu dilakukan berbulan-bulan setelah perselisihan publik mengenai penempatan pasukan AS di tanah Amerika untuk memadamkan protes.

KOMPAS.com/AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Presiden AS Donald Trump Pecat Menteri Pertahanan Mark Esper Lewat Twitter Dengan Ucapan Seperti Ini 

POS-KUPANG.COM | WASHINGTON - Menteri Pertahanan Mark Esper dipecat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Pemecatan Menteri Pertahanan Mark Esper melalui Twitter pada hari Senin (9/11).

Keputusan itu diambil kurang dari seminggu setelah pemilihan.

Pemecatan itu dilakukan berbulan-bulan setelah perselisihan publik mengenai penempatan pasukan AS di tanah Amerika untuk memadamkan protes.

Baca juga: TERKUAK Rahasia Pernikahan Donald Trump,Hanya Kawin Kontrak dengan Melanie,Cerai SaatBukan Presiden

Baca juga: Tantangan Menakutkan Menanti Joe Biden, Tak Ada Bulan Madu Usai Taklukan Donald Trump, Apa?

"Mark Esper telah diberhentikan," tulis Tuan Trump. "Saya ingin berterima kasih atas jasanya."

Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows menelepon Esper pada hari Senin sesaat sebelum tweet presiden untuk memberi tahu dia bahwa dia dipecat, seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada CBS News.

Trump mengatakan di Twitter bahwa dia akan menempatkan Christopher Miller, kepala Pusat Kontra Terorisme Nasional, sebagai penjabat Menteri Pertahanan yang baru, yang akan segera berlaku.

Miller terlihat memasuki Pentagon Senin sore.

Tokoh Demokrat terkemuka di Kongres memprotes pemecatan Esper,. Ketua DPR Nancy Pelosi menyebut langkah tersebut bukti yang mengganggu bahwa Trump bermaksud menggunakan hari-hari terakhirnya untuk menabur kekacauan dalam demokrasi Amerika dan di seluruh dunia.

"Kontinuitas dan stabilitas selalu penting selama transisi kepresidenan; itu sangat penting pada saat ini, karena pemerintahan yang secara historis tidak menentu ini mempersiapkan kepergiannya," kata Pelosi dalam sebuah pernyataan.

Dalam sepucuk surat kepada departemennya yang tidak menyebut Trump sekali pun, Esper mengatakan "suatu kehormatan dan hak istimewa seumur hidup untuk melayani bersama Anda sebagai Menteri Pertahanan AS ke-27".

Halaman
12
Editor: Hermina Pello
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved