Penanganan Covid

Update Corona Sumba Timur - Konsultan PT MSM Positif Covid-19

Konsultan PT MSM positif Corona Virus Disease ( Covid-19). Pasien positif ini merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan, Tinus Ndjurumbaha, S.KM dan Kabid P2P, Jonker Telnoni, S.KM saat memberikan keterangan pers di Kantor Dinas Kesehatan setempat, Selasa (27/10/2020). 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Konsultan PT. Muria Sumba Manis ( PT MSM) positif Corona Virus Disease ( Covid-19). Pasien positif ini merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana menyampaikan hal ini saat jumpa pers di Kantor Dinas Kesehatan setempat, Selasa (27/10/2020).

Menurut Chrisnawan, sesuai hasil pemeriksaan laboratorium dari delapan swab dari Sumba Timur, terdapat enam sampel yang terkonfirmasi positif dan dua lainnya negatif.

Baca juga: Ada Warga Kota Meninggal Karena DBD, Lurah Langsung Diberhentikan

"Dari enam kasus positif itu, tiga kasus merupakan konsultan dari PT MSM. Sedangkan tiga kasus lainnya adalah pelaku perjalanan dari Papua," kata Chrisnawan.

Didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan, Tinus Ndjurumbaha, S.KM dan Kabid P2P, Jonker Telnoni, S.KM, Chrisnawan menjelaskan, pasien positif yang adalah Konsultan PT MSM itu merupakan pasien ke-22,23 dan 24.

Baca juga: Pertahankan Keaslian Taman Nasional Komodo

Ketiga pasien ini berdomisili di Desa Wanga, Kecamatan Umalulu.

Lebih lanjut dikatakan, pasien ke-23 merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya dan tiba di Sumba Timur pada 6 Oktober 2020.

"PT. MSM mewajibkan pelaku perjalan dari luar daerah harus karantina mandiri. Pada hari kelima karantina mandiri, tepatnya tanggal 11 Oktober 2020 dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif," katanya.

Dikatakan, kasus positif 24 yang, karena hendak melakukan perjalanan pada tanggal 20 Oktober 2020, maka melakukan rapid test di Pelni dengan hasil reaktif.

"Dari hasil tersebut, maka perusahan melakukan rapid test terhadap 48 orang di Klinik Caesar Medika dan hasilnya ada lima orang reaktif termasuk pasien ke -23," katanya.

Dikatakan, untuk menindaklanjuti penambahan kasus positif Covid-19 ini, maka tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, melakukan, penyelidikan epidemiologi dan pengambilan swab terhadap karyawan PT. MSM yang diduga telah melakukan kontak erat.

Sementara itu, pelaku perjalanan dari Jaya Pura Papua sebanyak tiga orang dinyatakan positif Covid-19 itu beralamat di Kelurahan Kambaniru.

"Tiga orang ini adalah pasien ke 25 ,26 dan 27. Ketiganya tiba di Waingapu tanggal 2 Oktober 2020 untuk mengikuti hajatan keluarga.
Ketika hendak kembali, mengingat masa berlaku rapid test sudah habis maka mereka melakukan rapid test di RSK Lindimara pada 21 Oktober 2020 dan hasilnya reaktif," katanya.

Ketiga pasien ini juga sebelumnya melakukan rapid test di Klinik Caesar Medika dan hasilnya reaktif.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved