Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Wawancara Eksklusif : Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Dalam Dunia Usaha Bersama Kemenkumham NTT

Dari kejadian-kejadiam semacam itu, kita semakin menyadari bahwa kekayaan intelektual tersebut mesti dijaga dan diakui oleh pihak lain.

POS-KUPANG.COM/Dionisius Rebon
Pose narasumber dan Redpel POS-KUPANG, Ferry Jahang dalam ngobrol asyik, Selasa, 20/10/2020. 

Wawancara Eksklusif : Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Dalam Dunia Usaha Bersama Kemenkumham NTT

POS-KUPANG.COM | KUPANG--Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Hak Asasi Manusia), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Arfan Faiz Muhlizi, S. H., M.H, menegaskan, kekayaan intelektual yang ada di seluruh Indonesia khususnya di NTT bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat.

Selain itu, kekayaan intelektual tersebut bisa menunjang kehidupan ekonomi masyarakat akar rumput.

"Kasus yang diceritakan oleh om Feri, bukan hanya terjadi di Nusa Tenggara Timur. Tetapi di beberapa daerah lain yang mengalami kejadian yang sama," ujar Arfan, dalam ngobrol asyik bersama POS-KUPANG.COM bertajuk, " Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Dalam Dunia Usaha", pada Selasa, 20/10/2020.

Hadir pula dalam ngobrol asyik narasumber kedua, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Erni Mamo Li, SH., M. Hum dan Redpel  Pos Kupang, Ferry Jahang.

Jadi ada sebuah produksi yang merupakan sebuah prodak khas dari daerah itu yang ternyata "diambilalih" secara tidak senonoh atau tanpa izin oleh daerah lain, sehingga kekhasannya itu jadi dipertanyakan.

Hal ini menjadi bagian penting, di mana kita bertolak. Dari kejadian-kejadiam semacam itu, kita semakin menyadari bahwa kekayaan intelektual tersebut mesti dijaga dan diakui oleh pihak lain.

Apa manfaat dari kekayaan Intelektual?

Arfan Faiz Muhlizi, S. H., M.H :

Kekayaan intelektual ada bermacam-macam. Secara garis besar, kekayaan intelektual mencakup kepemilikan komunal dan kepemilikan personal.

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Rebon
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved