Breaking News:

Pilkada Ngada

Pilkada 2020, Ini Jumlah Daftar Pemilih Sementara di Ngada

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) telah merilis jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada Ngada 9 Desember 2020 mendatang

Dok. KPU Ngada
Petugas PPS didampingi Pengawas saat penelusuruan pemilih ganda di Ngada, Oktober 2020. 

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) telah merilis jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada Ngada 9 Desember 2020 mendatang.

Jumlah DPS untuk Pilkada Ngada yang sudah ditetapkan oleh KPU Ngada yaitu 110.073 pemilih.

Juru bicara KPU Ngada, Aloysius Raubata, menyebutkan sampai saat ini jumlah itu tetap karena masih proses penelusuran oleh petugas.

BPBD TTS Distribusikan Air Bersih Ke Lokasi Bencana Kekeringan

"Jumlah DPS Ngada hasil penetapan KPU Ngada yaitu 110.073 pemilih," ujar Aloysius kepada POS-KUPANG.COM di Bajawa Selasa (6/10/2020).

Ia juga menyebutkan pemilih ganda sedang berproses penelusuran oleh panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemungutan kecamatan (PPK) sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap di PPK dan KPU Ngada.

Danki Brimob Ende : Petugas RPH Tidak Punya Bukti Sapi yang Dipotong Non Produktif

Terkait pemilih ganda dirinya belum memastikan karena masih penelusuran.

" Angka finalnya belum. Sampai saat ini kami belum bisa pastikan karena data terus bergerak sampai sebelum penetapan DPT. Terkait data ganda sedang dilakukan penelusuran dan memastikan status pemilih tersebut," ujarnya.

Ia juga menyatakan pemilih yang belum memiliki KTP pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Ngada untuk pengurusan KTP.

"Yang belum memiliki KTP, KPU koordinasi dengan Disdukcapil dan menghimbau kepada yang bersangkutan untuk pengurusan KTP," ujarnya.

Ia menyatakan saat ini tahapan penetapan DPT di tingkat PPS dan PPK serta tingkat Kabupaten direncanakan tanggal 16 Oktober 2020 mendatang.

Sementara itu Ketua Bawaslu Ngada, Basti Fernandez menyebutkan pihaknya terus mengawal proses penetapan DPS ditingkat Kecamatan hingga Kabupaten Ngada.

Ia menyebutkan yang harus diperhatikan juga adalah penerapan protokol kesehatan dan saat ini pengawas Kecamatan sedang melakukan pengawasan penelusuran pemilih ganda. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved