Breaking News:

Berita Sumba Timur

Corona Sumba Timur - Pasien ke-20 Positif Covid-19 Diduga Kontak Erat dengan Pelaku Perjalanan

Tim gugus tugas melakukan tracing terhadap orang-orang yang diduga pernah kontak dengan pasien ini. Proses pelacakan saat ini butuh pendalaman dari ti

POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/WAINGAPU - Pasien ke-20 positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Sumba Timur diduga pernah melakukan kontak erat dengan pelaku perjalanan.

Informasi yang diperoleh POS-KUPANG.COM di Waingapu, Senin (14/9/2020), menyebutkan, pasien ke-20 positif Covid-19 di Sumba Timur bukan pelaku perjalanan.

Pasien ini diduga kontak erat dengan salah satu pelaku perjalanan dari Denpasar.
Meski begitu Gugus tugas Covid-19 Sumba Timur belum bisa memastikan pasien ini tertular Covid-19 dari mana.
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, pada Jumat (11/9/2020), terjadi penambahan satu kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur. Pasien ini merupakan pasien ke-20 positif Covid-19 di Sumba Timur.

"Pasien ini berasal dari Desa Karipi, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur dan yang bersangkutan bukan pelaku perjalanan," kata Chrisnawan.

Dijelaskan,maka tim gugus tugas melakukan tracing terhadap semua orang yang diduga pernah melakukan kontak dengan pasien positif tersebut.

"Tim gugus tugas melakukan tracing terhadap orang-orang yang diduga pernah kontak dengan pasien ini. Proses pelacakan saat ini butuh pendalaman dari tim karena informasi bahwa pasien ini cukup aktif sebelum dinyatakan positif Covid-19," katanya.

Sebelumnya diberitakan, pasien terkonfirmasi positif Covid -19 ini adalah warga dari Desa Karipi, Kecamatan Matawai La Pawu. Pasien ini awalnya berobat ke Rumah Sakit Imanuel, Waingapu dengan keluhan batuk pilek.
Chrisnawan yang juga adalah Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur ini mengatakan, pasien ini kemudian dirapid test oleh dokter yang menangani dan hasilnya reaktif. Karena itu, lanjutnya, pihak rumah sakit menghubungi posko gugus tugas, kemudian dirujuk ke RSUD Umbu Rara Meha Waingapu.

"Pihak rumah sakit lakukan tes cepat molekuler dan ternyata hasilnya terkonfirmasi positif. Pasien ini juga langsung diisolasi di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu," katanya.

Untuk diketahui total kasus positif Covid-19 di Sumba Timur saat ini berjumlah 20 kasus, 12 kasus dinyatakan sembuh, dua kasus meninggal dunia, yakni pasien ke-13 dan pasien ke -18. Sedangkan enam kasus sementara dalam perawatan di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu.

Di Ngada, Pekerja dan Pengunjung Bengkel Motor tak Pakai Masker, Polisi: Kita Bagikan Masker

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved