Breaking News:

Opini Pos Kupang

Tatanan Baru Sensus Penduduk Indonesia

Adanya pandemi Covid-19 di tahun ini berpengaruh sangat besar terhadap tata kehidupan umat manusia

Tatanan Baru Sensus Penduduk Indonesia
Dok
Logo Pos Kupang

Oleh: Marthin Fernandes Sinaga, SST, Fungsional Statistisi Ahli Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumba Timur

POS-KUPANG.COM - Adanya pandemi Covid-19 di tahun ini berpengaruh sangat besar terhadap tata kehidupan umat manusia. Beberapa hal yang dulunya biasa dilakukan menjadi terbatas, begitu pula sebaliknya.

Berbagai keterbatasan tersebut membuat orang-orang harus berpikir dan melakukan berbagai hal lain untuk tetap melangsungkan kehidupannya. Hal tersebut kerap disebut sebagai new normal atau tatanan baru.

Peduli dengan Sesama

Pemerintah telah menggaungkan istilah ini sejak beberapa bulan belakangan. Vaksin untuk virus corona memang masih dalam pengembangan dan belum dapat digunakan secara luas. Sementara itu, jika terus hanya berdiam diri dan tidak berupaya untuk beradaptasi juga tidak akan membuat kehidupan menjadi lebih baik. Pilihan untuk tetap produktif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan adalah inti dari penerapan new normal.

Tahun 2020, Tahunnya Sensus Penduduk

Di tahun 2020 ini, Indonesia sebenarnya sedang melaksanakan sebuah ajang besar setiap sepuluh tahun sekali, yaitu Sensus Penduduk. Tahun ini merupakan tahun ketujuh pelaksanaan Sensus Penduduk sejak Indonesia merdeka.

Sensus Penduduk 2020 (SP2020) juga merupakan sebuah sejarah baru bagi bangsa Indonesia. Untuk pertama kalinya, Sensus Penduduk dilakukan dengan menggunakan metode kombinasi memanfaatkan data administrasi kependudukan yang berasal Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri sebagai basis data penduduk.

Positif Covid-19 Terus Bertambah, Jefri Minta Kebijakan Kembali Terapkan Work From Home

Hal ini merupakan bagian dari tujuan utama SP2020 yaitu Satu Data Kependudukan Indonesia dan juga penerapan rekomendasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Population and Housing Census.

Selain itu, pelaksanaan SP2020 juga menjadi kali pertama Sensus Penduduk dapat dilakukan secara online. Hal ini merupakan salah satu bentuk adaptasi terhadap perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi internet.

Masyarakat menggunakan data adminduk berupa Nomor KK dan Nomor Induk Kependudukan untuk dapat mencatatkan diri mereka secara mandiri melalui website Sensus Penduduk.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved