Breaking News:

Wabup Belu Ose Luan Pesan Masyarakat Laksanakan Lima Pilar STBM

Wabup Belu Drs. JT Ose Luan berpesan kepada masyarakat Desa Dualasi Raiulun, Kecamatan Lasiolat agar laksanakan lima pilar STBM

POS-KUPANG.COM/TENIS JENAHAS
Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan memberikan pesan kepada masyarakat Desa Dualasi Raiulun, Kecamatan Lasiolat agar laksanakan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Kamis (27/8/2020). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Wakil Bupati Belu ( Wabup Belu), Drs. JT Ose Luan berpesan kepada masyarakat Desa Dualasi Raiulun, Kecamatan Lasiolat agar laksanakan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM) dalam kehidupan setiap hari.

Kelima pilar STMB dimaksud yakni, stop buang air besar sembarangan ( BABS), cuci tangan pakai sabun ( CTPS) dengan air yang mengalir, pengamanan air minum dan makanan, melakukan pengolahan sampah rumah tangga, dan pengolahan air limbah rumah tangga.

Resmi Deklarasi Diri, Paket Fresh Akan Rubah Metode Pembangunan Program Berarti di TTU

Pesan Wabup Ose Luan ini disampaikan dalam sambutannya saat acara Deklarasi Desa Dualasi Raiulun sebagai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pertama di Kabupaten Belu, bertempat di Aula Kantor Desa Dualasi Raiulun Kecamatan Lasiolat, Kamis (27/8/2020).

Menurut Ose Luan, Deklarasi STBM ini merupakan gerakan bersama untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat yang bermuara pada lima pilar STBM. Sebagai gerakan bersama, lima pilar STBM tidak sebatas deklarasi tetapi dijalankan secara baik dalam kehidupan setiap hari.

Tim Gugus Tugas: Ada 5 Orang Pelaku Perjalanan di Manggarai Reaktif Rapid Test

"Saya minta agar seluruh masyarakat mempertanggungjawabkan tujuan dari deklarasi STBM hari ini. Jangan setelah deklarasi kita bubar. Ini demi kesehatan kita, terlebih saat ini kita sedang dalam era new normal," tegas Wabup Ose Luan.

Mantan Sekda Belu ini mengungkapkan, STBM merupakan program pembangunan kesehatan yang secara bertahap, berjenjang dan terus-menerus dilakukan untuk merubah perilaku masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Pembangunan kesehatan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh aspek pembangunan di Republik Indonesia, termasuk pembangunan pendidikan yang merupakan pondasi untuk menciptakan manusia yang bermutu, berbobot dan sehat.

Indeks pembangunan manusia ditentukan sejauh mana sektor pendidikan dan kesehatan berfungsi dalam memberi nilai guna dan nilai tambah bagi masyarakat.

Wabup Ose Luan memberikan apresiasi kepada seluruh komponen yang telah berupaya sehingga deklarasi STBM Desa Dualasi Raiulun dapat terlaksana dengan baik.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Plan Internasional dan Yayasan Pijar Timur yang telah bekerja keras bersama Camat, Kepala Desa dan Dinas Kesehatan serta pihak terkait lainnya, sehingga hari ini kita bisa deklarasi," ucapnya.

Direktur Yayasan Pijar Timur Indonesia, Vincent Kiabeda memberikan apresiasi yang tinggi kepada kepala desa dan masyarakat Dualasi Raiulun atas usaha dan kerja kerasnya sehingga kegiatan deklarasi STBM dapat dilakukan.

"Hari ini terbukti, setelah persiapan dari tahun 2017 sampai dengan sekarang, pemimpin perempuan mendeklarasikan bahwa kita adalah Desa STBM," ujarnya.

Vincent juga menyampaikan, Yayasan Pijar Timur Indonesia mendapat dukungan dana dari yayasan Plan Internasional untuk melaksanakan berbagai kegiatan di bidang kesehatan. Ia berkomitmen akan terus mendorong setiap Desa dan masyarakat di Rai Belu untuk bisa deklarasi sebagai desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Dalam target, 36 desa lagi akan deklarasi tahun depan.

Usai acara deklarasi, Wakil Bupati Belu, Ose Luan menyerahkan piagam penghargaan Desa STBM kepada Kepala Desa Dualasi Raiulun, serta penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap II kepada dua orang perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Turut hadir dalam deklarasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, dr. Joice Manek, Kadis Perdagin, Fransiskus X. Asten, Camat Lasiolat, L. Stefanus Donpiera, Kabag Umum, Kabag Protokol, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BP4D, Kapolsek Lasiolat, Danramil Raihat serta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved