Breaking News:

Berita Lembata Terkini

KM El Hasan Tenggelam di Pelabuhan Lewoleba

-KM El Hasan, kapal penumpang jurusan Lewoleba-Boleng, Adonara tenggelam di Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, sekitar pukul 04.00 Wita pad

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Ferry Ndoen
Foto/Ricko Wawo/
KM El Hasan, kapal penumpang jurusan Lewoleba-Boleng, Adonara tenggelam di Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, sekitar pukul 04.00 Wita pada Rabu (26/8/2020). Area lampiran 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM-LEWOLEBA-KM El Hasan, kapal penumpang jurusan Lewoleba-Boleng, Adonara tenggelam di Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, sekitar pukul 04.00 Wita pada Rabu (26/8/2020). Meski kapal belum bisa dievakuasi, sebanyak 2 ton kunyit yang ada di dalam karung bisa diselamatkan oleh para anak buah kapal (ABK).

Ahmad Dosikalan, salah satu anak buah kapal (ABK) mengatakan kapal tenggelam karena ada kebocoran di bagian lambung kapal dan ada mesin pompa airnya rusak sehingga air laut masuk ke dalam kapal tanpa bisa diselamatkan.

Saat kejadian naas itu berlangsung, Ahmad dan satu rekannya bernama Mahmud Jou sedang tertidur dan tidak bisa buat apa-apa lagi. Kapal pun tenggelam. Selain 2 ton kunyit, mereka juga berhasil mengeluarkan mesin kapal dan beberapa barang penting dari dalam kapal.

Sementara itu Kapten KM El Hasan, Iksan Hamid, mengaku anak buahnya lalai sehingga air laut masuk tanpa bisa diatasi.
"Anak buah lalai," kata Iksan, pasrah. Kasat Pol Air Ipda Rejab Wuakero, personil Polres Lembata, Personil Pos TNI AL Lembaga, Petugas Syahbandar Pelabuhan Lewoleba dan pegawai perhubungan Pemkab Lembata turun langsung untuk memantau kapal yang tenggelam. Hingga pukul 09.00 Wita kapal masih berada di pelabuhan dan sedang dalam upaya evakuasi.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwan ini. Namun beberapa warga Lewoleba mengaku sedih dengan tenggelamnya KM El Hasan. Kapal rakyat ini biasa melayani penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur dari Lewoleba.

Update Corona Sumba Timur - Pelaku Perjalanan Terus Meningkat, Simak Datanya

Beberapa warga Lewoleba yang ditemui juga merasa sedih karena kapal tersebut sudah sangat familiar karena setia mengangkut penumpang dan barang dalam penyeberangan Lewoleba ke Adonara.

KM El Hasan, kapal penumpang jurusan Lewoleba-Boleng, Adonara tenggelam di Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, sekitar pukul 04.00 Wita pada Rabu (26/8/2020). 
Area lampiran
KM El Hasan, kapal penumpang jurusan Lewoleba-Boleng, Adonara tenggelam di Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, sekitar pukul 04.00 Wita pada Rabu (26/8/2020). Area lampiran (Foto/Ricko Wawo/)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved