Breaking News:

Ini Bahayanya Cairan Hand Sanitiser, 4 Tewas Minum Ini dan 3 Buta di Amerika

Namun tahukah Anda betapa bahayahnya cairan ini bila salah digunakan atau melebisi ketentuan. Bahaya cairan hand sanitiser ini ternyata bisa menjadi r

Editor: Alfred Dama
(Shutterstock) via kompas.com
Ilustrasi hand sanitizer 

Ini Bahayanya Cairan Hand sanitizerr,  4 Tewas Minum Ini dan 3 Buta di Amerika

POS KUPANG.COM -- Di masa pendemi virus corona atau Covid-19 saat ini banyak beredar berbagai cairan dan sabun yang dianggap bisa membunuh virus corona

Salah satu cairan yang kerap digunakan adalah hand sanitizerr. Hampir di semua tempat umum disediakan cairan ini

Namun tahukah Anda betapa bahayahnya cairan ini bila salah digunakan atau melebisi ketentuan. Bahaya cairan hand sanitizerr ini ternyata bisa menjadi racun yang membunuh manusia dan bisa menyebabkan kematian

Menurut laporan terkini  dari badan perlindungan kesehatan AS, empat dari 15 orang dewasa yang dirawat di rumah sakit di Amerika Serikat tewas dalam beberapa bulan terakhir karena menelan cairan hand sanitizerr berbasis alkohol. Sementara, tiga lainnya mengalami gangguan penglihatan. 

Kantor FDA Amerika Serikat
Kantor FDA Amerika Serikat (via kontan.co.id)

South China Morning Post memberitakan, makalah yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada minggu ini, berfokus pada kasus-kasus kejadian kesehatan yang merugikan atau kematian yang serius "terkait dengan menelan hand sanitizerr berbasis alkohol" yang mengandung metanol di dua negara bagian barat daya antara Mei dan Juni.

Begitu Bencinya Nagita Slavina pada Ayu Ting Ting, Raffi Boleh Ketemu Mantan Asal Bukan Eks Enji Ini

KABAR DUKA dari Sandra Dewi, Natizen Salah Fokus pada Komentar Syahrini, Istri & Mantan Suami Rukun?

Ayu Ting Ting Bikin Geger, Kenakan Sepatu Puluhan Juta Rupiah, Penampilan Janda Enji Jadi Gunjingan

Nora Alexandra Ditawari Rp 85 Juta untuk Temani Bos Hanya 4 Jam, Istri Jenrinx Marah Sebut ini

Lepas dari Indonesia, Ternyata Timor Leste Langsung Dirampok Sahabat Sendiri yang Bantu Lawan RI

“Produk pembersih tangan berbasis alkohol tidak boleh tertelan,” demikian pernyataan CDC.

CDC mencatat, kebersihan tangan adalah "komponen integral" dari tanggapan AS terhadap pandemi virus corona, selain jarak sosial dan penggunaan masker wajah yang konsisten.

Laporan tersebut mengatakan pembersih tangan berbasis alkohol seharusnya hanya mengandung etanol atau isopropanol. Mereka yang mengandung metanol - beberapa di antaranya diimpor ke AS - dapat menyebabkan "keracunan metanol yang mengancam jiwa" yang mengakibatkan cacat permanen atau kematian.

"Anak-anak kecil mungkin secara tidak sengaja menelan produk ini, sedangkan remaja atau orang dewasa dengan riwayat gangguan penggunaan alkohol mungkin sengaja menelan produk ini sebagai pengganti alkohol (etanol)," kata CDC.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved