Breaking News:

Opini Pos Kupang

"Belajar dari Finlandia" (Catatan Pendidikan di NTT pada Masa Pandemi Corona)

"Belajar dari Finlandia" (Catatan Pendidikan di NTT pada Masa Pandemi Corona)

Dok
Logo Pos Kupang

"Belajar dari Finlandia" (Catatan Pendidikan di NTT pada Masa Pandemi Corona)

Oleh : Daniel Ropa Djawa, Spd, Guru SMA Katolik Anda Luri Waingapu

POS-KUPANG.COM - Siang itu matahari pas berada di titik zenit, saya dan saudara saya menuju pasar tradisional di Kota Waingapu untuk mencari kebutuhan sehari-hari kami di kos.

Setelah melewati kerumunan orang banyak di tengah-tengah pasar, mata saya tertuju pada seorang anak perempuan yang bermandikan keringat sambil kedua tangannya menggenggam erat sayur untuk dijual. "Om beli sayur" katanya.

Tanpa berpikir panjang ditambah rasa iba yang mendalam saya membeli dua ikat sayur sawi dan satu plastik tomat besar. Sambil merogoh uang pecahan lima ribu rupiah di dalam saku celana levis, saya menyapanya lagi: "kelas berapa ade''?.

Orang Tua Siswa di Waingapu Senang Dana BOS untuk Beli HP dan Pulsa

"Saya kelas dua SMP" sambil menyeka keringat yang mengalir di keningnya, ya memang kota Waingapu termasuk panas juga.

Anak ini berkisah kalau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya dia dan saudara kandungnya harus membantu kedua orangtuanya untuk mencari uang dengan cara berjualan sayur di pasar kota.

Sebagai seorang guru saya merasa terharu, dua menit berselang saya lagi-lagi bertanya pada anak tersebut: "Bagaimana tugas-tugas di sekolah?" "Kebetulan tugas-tugas di sekolah dikerjakan menggunakan HP om.

SMA Negeri 1 Bajawa Evaluasi KBM yang Sedang Berjalan

Saya selalu meminta bantuan tetangga saya untuk mengirim tugas-tugas dari sekolah. Kebetulan saya dan bapa mama saya tidak punya HP om, jadi pinjam saja di tetangga. Intinya saya bisa mengerjakan semua tugas-tugas yang diberikan oleh bapak ibu guru saya di sekolah".

Singkat cerita saya pamit dan kembali ke kos yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pasar kota.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved