Bukit Eksotik Kezimara Surga Tersembunyi di Ende, Simak Cerita Jhoni Bunyu

Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur ( Provinsi NTT) memiliki banyak Tempat wisata yang sangat memikat

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Jhoni Bunyu di Puncak Bukit Kezimara Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/8/2020). 

POS-KUPANG.COM | ENDE - Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur ( Provinsi NTT) memiliki banyak Tempat wisata yang sangat memikat. Sebut Tempat wisata di Ende orang pasti langsung ingat Kelimutu.

Namun Ende bukan hanya Kelimutu, Taman Nasional Kelimutu atau lebih dikenal danau tiga warna itu sudah sangat mendunia.

Kabupaten dimana Bung Karno, proklamator kemerdekaan Republik Indonesia menemukan ilham Pancasila ini sesungguhnya punya banyak tempat dan potensi wisata.

Kunjungan Wisatawan ke NTT Meningkat

Selain wisata alam, ada juga wisata sejarah yakni yang terkait dengan Bung Karno seperti Taman Renungan Bung Karno dan Rumah Pengasingan Bung Karno.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Ende tengah bersiap melaksanakan even akbar di bukit Kezimara, bukit exotik, di Kelurahan Roworena Barat, Kecamatan Ende Utara.

Dari puncak Kezimara pengunjung bisa menikmati indahnya mentari pagi yang perlahan membentangi lembah dan Kota Ende, pemandangan sunset, bentangan pantai, laut dan taburan cahaya di Kota Ende saat malam hari.

10 Persen Siswa di SMAN Harekakae Belum Miliki HP Android

Tidak hanya itu, lebih mengesankan lagi, dari ketinggian Kezimara, bisa menikmati indahnya laut Sawu, pulau Ende, gunung Iya, dan gunung Meja. Sedangkan ke arah pegunungan, tampak gunung Wonge.

Rencananya Kezimara akan diresmikan menjadi spot paralayang bersamaan dengan even Pelangi Nusantara 2020 NTT, yang akan digelar pada 12 Agustus mendatang, berkoordinasi dengan TNI AU.

Sekretaris even Pelangi Nusantara, Gabriel Dala, kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (4/8/2020) mengatakan pihaknya merencanakan dua atraksi yakni paralayang dan paramotor.

"Leading sektor untuk kegiatan ini Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, hari ini kita rapat untuk pemantauan kegiatan di Kezimara tersebut," kata Gabriel.

Bupati Ende Djafar Achmad didampingi Kadis Perhubungan Ende Mustaqim Mberu pada 15 Juli 2020 sudah bertemu Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasety di Mabes TNI AU, Cilangkap Jakarta Timur membicarakan kegiatan tersebut.

Jhony Mbuyu kepada POS-KUPANG.COM, di puncak Kezimara, Sabtu (1/8/2020) mengatakan ia menyambut antusias peresmian spot paralayang dan paramotor di Kezimara.

Putra asli Ende ini merupakan orang pertama yang memperkenalkan Bukit Kezimara. Ia pernah mengabdi di Pelabuhan Indonesia III dan sangat menggemari terbang layang.

"Saya mulai belajar terbang layang di Batu, Malang, Jawa Timur pada tahun 2005 hingga 2006," kata pria yang satu angkatan dengan almarhum Bupati Ende Marselinus Petu di SMPK Frateran Ndao Ende ini.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved