Breaking News:

Petani di Manggarai

VIDEO - Petani Padi Sawah Sondeng Manggarai Mengeluh Hasil Panen Menurun

VIDEO - Petani Padi Sawah Sondeng Manggarai Mengeluh Hasil Panen Menurun

VIDEO - Petani Padi Sawah Sondeng Manggarai Mengeluh Hasil Panen Menurun

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Para petani padi sawah di persawahan Sondeng, Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai mengeluh sebab hasil panen padi menurun.

Keluhan itu disampaikan oleh Petani persawahan Sondeng, Kelurahan Karot, Gundulwus Wea (60) saat ditemui POS-KUPANG.COM, Selasa (28/7/2020).

VIDEO - WKRI Ranting Stasi YMY Liliba Gelar Plantikan Dewan Pengurus

VIDEO - Pilkada 2020, KPU Sumba Timur Sortir Stiker Coklit

VIDEO - Indahnya Pasir Putih di Pantai Nanga Rawa Manggarai Timur

Gundulwus mengaku, dengan luas lahan sawahnya itu panen padi jika normal minimal memperoleh 9 karung dengan ukuran Rp 100 Kg untuk masing-masing karung. Namun pada panen kali ini hasil panen hanya diperoleh 7 karung saja.

Dikatakanya, hasil menurun dikarenakan selain hama wereng juga cuaca hujan yang tidak mendukung dimana sering terjadi hujan sehingga banyak padi yang rusak. "Kalau cuaca memang bagus ini tahun, tapi sering turun hujan sehingga padi banyak yang rusak, selain karena terpengaruh hama wereng ini,"ungkap Gundulwus.

Gundulwus juga mengatakan, terkait hama ini juga PPL juga sering turun melihat, namun hama ini tetap juga ada. "Jadi saya benar rugi karena dalam tanam padi sawah ini juga butuh biaya banyak dimana sewah bajak Rp 800 rib, bersih pematang Rp 70 ribu, selain itu biaya beli pupuk dan juga tenaga,"ungkap Gundulwus.

Gundulwus juga mengaku ia kesulitan memperoleh pupuk. Pupuk yang diperolehnya hanya dari kelompok, namun ia harus mengeluarkan uang Rp 115 ribu untuk memperoleh satu karung pupuk.

"Dapat pupuk dari kelompok saja tapi dengan syarat kasih masuk biaya Rp 115 ribu untuk dapat satu karung pupuk. Karena itu saya berharap ada perhatian serius dari Pemerintah,"ungkapnya. Selasa, 28 Juli 2020 (POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Tonton, Like, Share, Subscribe Youtube Channel POS-KUPANG.COM

Ingat SUBSCRIBE, SHARE dan tinggalkan jejak di kolom KOMENTAR.

Update info terkini via ONLINE : https://kupang.tribunnews.com/

INSTRAGAM poskupangcom : https://www.instagram.com/poskupangcom/?hl=id

FACEBOOK : POS-KUPANG.COM: https://bit.ly/2WhHTdQ

Penulis: Robert Ropo
Editor: Jhony Simon Lena
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved