TNK Dibuka dengan Penerapan 3 Fase Pembukaan, Begini Cara Booking Online

terdapat sebanyak 3 situs wisata daratan yakni Loh Buaya di Pulau Rinca, Loh Liang di Pulau Komodo dan Padar selatan di pulau Padar.

ISTIMEWA
Humas Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Muhammad Ikbal Putera 

TNK Dibuka dengan Penerapan 3 Fase Pembukaan, Begini Cara Booking Online

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO -- Taman Nasional Komodo (TNK) dibuka dengan menerapkan 3 fase pembukaan.

Pada fase 1 dilakukan pada 6 Juli 2020 hingga waktu yang belum dipastikan, menunggu hasil evaluasi dan arahan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Humas Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Muhammad Ikbal Putera mengatakan, bagi wisatawan yang ingin berkunjung, harus melakukan registrasi online sebelum masuk TNK di halaman website yang tersedia.

Dijelaskannya, pendaftaran dilakukan secara online melalui situs http://bit.ly/komodoonline dan untuk wisatawan, harus memiliki asuransi serta surat bebas Covid-19 (baik rapid tes dan hasil pemeriksaan sampel swab).

Pada fase 1 ini, kata dia, diberlakukan bagi 25 wisatawan di setiap situs wisata, baik situs wisata daratan dan situs wisata perairan.

"Secara online, sejauh ini baru 3 orang wisatawan independen. Yang (nanti) mendaftar ada wisatawan independen, tour agend atau tour operator. Untuk tour agen dan tour operator, saya belum bisa mengakses Informasinya karena sistemnya masih disempurnakan. Tapi pendaftaran yang ingin masuk sudah disosialisasikan," imbuhnya.

Dijelaskannya, terdapat sebanyak 3 situs wisata daratan yakni Loh Buaya di Pulau Rinca, Loh Liang di Pulau Komodo dan Padar selatan di pulau Padar.

Sementara itu, terdapat sejumlah situs wisata perairan yakni tempat diving dan snorkeling l. Situs wisata perairan yang saat ini dilakukan sistem kuota itu baru di Lokasi Batu Bolong, Karang Makassar (Taka Makassar), Siaba Besar dan Pulau Mawar.

Dijelaskannya, di TNK saat ini sedang memberlakukan time entri, kalau di Loh Buaya dan di Loh Liang, jam masuknya pukul 07.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita, kalau di Padar selatan buka pukul 06.00 hingga pukul 10.00 Wita, kemudian tutup lalu dibuka lagi pukul 02.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita.

Halaman
12
Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved