Etika Kembali Gelar Webinar Kedua, Rudi Rohi Minta Dukungan Lima Aktor

Etnis Tionghoa Kupang (ETIKA) kembali melaksanakan WEBINAR kedua bertemakan "NTT Menuju Pooled q-PCR Method Test Cepat Massal Cegah Covid-19".

POS KUPANG/EDY HAYONG
Rudi Rohi 

Etika Kembali Gelar Webinar Kedua, Rudi Rohi Minta Dukungan Lima Aktor

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Etnis Tionghoa Kupang (ETIKA) kembali melaksanakan WEBINAR kedua bertemakan "NTT Menuju Pooled q-PCR Method Test Cepat Massal Cegah Covid-19".

WEBINAR yang berlangsung Sabtu (11/7/2020)  merupakan kerja sama ETIKA dan Forum Academia NTT dan media Harian Pagi Pos Kupang.

Acara  dipandu oleh David Kenenbudi dan Moderator FAN NTT, Rudi Rohi dengan inovator teknologi terapan FAN NTT, Ben Vasco Tarigan.

Rudi Rohi ketika dihubungi POS-KUPANG.COM via telepon, Jumat (10/7/2020), mengatakan ada dua narasumber dalam diskusi virtual lewat aplikasi Zoom tersebut. Dimana satu narasumber akan membahas inovasi teknologi pendukung untuk q-PCR Pooled Test.

Misalnya mobile swab, box swab dan lainnya yang bisa ciptakan sendiri sehingga bisa mempercepat memiliki alat teknologinya, hemat waktu dan hemat Alat Perlindungan Diri (APD).

Sedangkan, dirinya akan lebih pada tata kelola bagaiman proses ini bisa berjalan.

Misalnya komunikasi dengan birokrasi, bagaimana mengurai keterlambatan yang ada di birokrasi, menghadapi atau mensiasati regulasi yang berlapis sehingga memperlambat penanganan Covid-19 termasuk juga meyakinkan publik dan pemerintah bahwa NTT memang sangat membutuhkan laboratorium.

"Untuk itu kita punya tenaga dan orang-orang yang bisa menjalankan lab. Lab itu sangat penting tidak hanya untuk keperluan menangani Covid-19. Tapi Lab ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan jangka pendek dan jangka panjang," tuturnya.

Ia menguraikan untuk kepentingan jangka pendek, bisa melakukan tes massal yang dapat digunakan untuk pemerintah smembuat kebijakan penanganan Covid-19.

Halaman
123
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved